Menjadi Peserta JKN-KIS Adalah Hak Masyarakat Seluruh Indonesia

  • Bagikan

BANDARLAMPUNG, LK – Seiring berjalannya Program JKN-KIS yang banyak memberikan manfaat bagi masyarakat dari berbagai kalangan. Salah satunya adalah Lisda Sari, gadis 27 tahun asal Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung mengungkapkan bahwa Program JKN-KIS yang telah berjalan selama 8 tahun sangat membantu masyarakat dalam hal pembiayaan pelayanan Kesehatan.

“Program JKN-KIS yang diusung oleh BPJS Kesehatan ini benar-benar membantu masyarakat yang ingin berobat, khususnya bagi saya dan keluarga. Kami sudah merasakan sendiri manfaat Program JKN-KIS ini,” tutur Lisda. Sabtu, 25 Maret 2022.

Lisda yang sangat bersemangat menceritakan bagaimana dirinya dan keluarga merasa sangat terbantu saat Lisda harus di rawat di Rumah Sakit Advent Bandar Lampung selama satu minggu pada September tahun 2021 yang lalu akibat penyakit maag kronis yang dideritanya.

“Awalnya saya merasa perih diperutnya, kembung dan mual-mual. Saya biarkan saja karena berpikir hanya masuk angin. Setelah istirahat dan makan, tidak banyak makanan yang saya makan saat itu, saya merasa mual dan perih dilambung. Akhirnya keluarga membawa saya ke IGD Rumah Sakit Advent Kota Bandar Lampung,” ungkap Lisda.

Lisda merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Ia mengaku dirinya mendapatkan tindakan medis dengan sangat cepat serta pelayanan yang baik tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun sampai diperbolehkan pulang oleh dokter.

“Saat tiba di rumah sakit, saya segera diperiksa dan diberikan tindakan medis. Dokter serta perawat di sana sangat tanggap dan baik dalam mengurus saya dari IGD, rawat inap sampai saya di bolehkan pulang. Alhamdulillah semua saya terima tanpa mengeluarkan biaya, cukup dengan JKN-KIS,” tutur Lisda sambil tersenyum.

Lisda berpendapat, menjadi peserta JKN-KIS aktif merupakan hak seluruh masyarakat di Indonesia. Karena dengan menjadi peserta JKN-KIS, masyarakat terbebas dari permasalahan biaya untuk berobat, artinya hidup sehat sudah difasilitasi oleh Negara.

BACA JUGA :   Turun Level Nanang Evaluasi Kinerja dalam Penanganan Pengendalian Covid-19

Di akhir ceritanya, Lisda mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya kerabat, keluarga serta seluruh teman-temannya agar segera menjadi peserta Program JKN-KIS.

“Dengan menjadi peserta JKN-KIS, bukan hanya melindungi diri kita jika suatu saat sakit, akan tetapi menjadi warga Negara yang baik dengan membantu masyarakat lain yang sedang sakit,” tutup Lisda.*

banner 325x300
  • Bagikan