Unila Targetkan Tahun 2022 menjadi PTN-BH juga Sediakan Program Beasiswa Bagi Mahasiswa Asing Dari Negara Berkonflik

  • Bagikan

BANDARLAMPUNG, Lampungkham Universitas Lampung (Unila) terus membuat terobosan-terobosan dan inovasi untuk memajukan pendidikan di Provinsi Lampung.

Unila memiliki program penyediaan beasiswa bagi mahasiswa asing dari berbagai negara – negara yang sedang berkonflik dan juga pada tahun 2022 unila menargetkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

Rektor Unila Prof.Karomani mengatakan, Unila memberikan beasiswa kepada mahasiswa asal negara – negara yang sedang konflik seperti negara Palestina, Afganistan, Timur Tengah, kita berikan untuk kuliah di Unila,” ujarnya, saat menggelar Konferensi pers bersama insan media di GDG Unila, Kamis 30 Desember 2021.

Para mahasiswa luar negeri yang kuliah di sini, tentu mereka akan belajar bagaimana melihat dan memotret kehidupan bangsa ini yang berbeda beda suku agama, bahasa, ras dan berbagai macam yang berbeda tapi kita bisa bersatu, ini unik dan keren sekali, kata Rektor Unila Prof. Karomani.

Nilai – nilai luhur bangsa ini menjadi contoh dunia untuk mempersatukan berbagai umat agar rukun dan damai, harapnya.

Maka, Unila memberikan peluang bagi mahasiswa dari negara yang berkonflik, tandasnya.

” Soal perdamaian dan kerukunan bangsa di Indonesia di tengah keberagaman sangat layak di jadikan contoh untuk dunia,” kata Rektor Karomani.

Rektor Karomani melanjutkan
, Unila saat ini telah mengajukan permohonan kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk memperoleh status Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) pada pertengahan Desember 2021 lalu.

“Saya berharap tahun depan (2022) sudah masuk PTN-BH, minimal akhir tahun 2022, maksimal awal tahun 2023. Saya akan habis (masa jabatan) pada November tahun 2023, semoga saya masih bisa mengawal transisi Unila dari BLU (Badan Layanan Umum) ke PTN-BH,” ujar Karomani .

BACA JUGA :   Pengamat : Ada Satu Kandidat Tampil Paling Baik dalam Debat Publik

Rektor Karomani menjelaskan, jika telah menjadi PTN-BH, Unila nantinya akan mampu melakukan berbagai lompatan – lompatan besar serta mampu mengembangkan berbagai potensi pendapatan dengan menggandeng kalangan investor. Salah satu yang ia rencanakan yaitu membangun hotel, apartemen, dan Mall tentu akan terintegrasi.

“Saat ini saya sudah membuat DED-nya (Detail Engineering Design). Maka, Unila akan memiliki hotel yang paling tidak bisa menampung wali mahasiswa saat acara wisuda. Jika ada 10.000 mahasiswa yang wisuda, maka ada pergerakan roda perekonomian,” pungkasnya.**

banner 325x300
  • Bagikan