Ketua TP PKK Kab. Pesawaran Membuka Kegiatan Peningkatan Mutu Komunitas Literasi Se-Kabupaten Pesawaran

122 views

LAMPUNGKHAM.COM – Bunda Literasi Kab. Pesawaran mengungkapkan sebagai sebuah perkumpulan sosial yang memiliki kesamaan tujuan dalam hal menulis dan membaca, Komunitas literasi diharapkan dapat berperan sebagai fasilitas umum atau publik melalui apa yang didapat dengan memperoleh pengetahuan dan berbagai ilmu pendidikan.

Demikian dikatakan Nanda Indira Dendi selaku Bunda Literasi sekaligus Ketua TP PKK Kab. Pesawaran saat membuka Kegiatan Peningkatan Mutu Komunitas Literasi Se-Kabupaten Pesawaran di Aula Saung D’junjungan Desa Sukabanjar Kec. Gedong Tataan pada Senin 08 Mei 2023.

Melalui kegiatan itu Nanda ingin para Komunitas Literasi dapat menambah wawasan dan pengetahuan setiap anggota komunitas literasi.

“Saya harap melalui kegiatan ini, dapat menambah wawasan dan pengetahuan setiap anggota komunitas literasi untuk berbagi dan bertukar informasi kepada sesama anggota maupun masyarakat luas tentang pengetahuan dan berbagai ilmu pendidikan, tentang pengetahuan yang didapatkan dari hasil menulis dan membaca,” imbuh Nanda Indira Dendi.

Nanda meminta Pemkab Pesawaran melalui OPD terkait untuk memetakan Komunitas Literasi untuk memudahkan koordinasi dalam rangka peningkatan mutu anggota komunitas literasi yang ada di Kabupaten Pesawaran sekaligus menguatkan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa pengantar pendidikan.

Nanda berharap agar peruntukan literasi itu bermanfaat untuk masyarakat seperti, pembangunan gedung perpustakaan Kab. Pesawaran, dan Pojok baca.

Ia menambahkan bahwa literasi merupakan kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, juga memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan seseorang dalam berbahasa.

Ketua TP PKK Kab. Pesawaran itu juga mengatakan tujuan dari literasi adalah menciptakan dan mengembangkan budi pekerti yang baik.

“Selain itu, tujuan lainnya adalah menciptakan budaya membaca di sekolah dan masyarakat, meningkatkan pengetahuan dengan membaca berbagai macam informasi bermanfaat, serta membuat orang berfikir kritis,” pungkas Bunda Literasi Kab. Pesawaran.

Baca Juga :  Ngopi Pagi Bersama Insan Pers Bupati H.Agus Istiqlal Upaya Jalin Keakraban Mengali Ide dan Gagasan Kesenjangan Pembangunan di Pesisir Barat

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis Perpustakaan & Kearsipan, Kadis Pendidikan & Kebudayaan, Kadis Kominfotiksan, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis P3AP2KB dan Kadis PMD Kabupaten Pesawaran.***