Sulhaisda Sadar Banyaknya Manfaat Menggunakan JKN-KIS

  • Bagikan

BANDARLAMPUNG, LK Kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat disyukuri oleh seluruh masyarakat Indonesia, salah satunya Sulhaisda (45) warga Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung.

Menurutnya sejak dimulai Tahun 2014 lalu program yang diselenggarakan BPJS Kesehatan itu, telah banyak membantu masyarakat. Saat dijumpai di Kantor Kecamatan Kedaton, Warga Perumnas Way Halim, Kota Bandar Lampung ini tersenyum manis karena telah sembuh dari penyakit maag kronis yang Ia derita selama ini. Selasa 28 Maret 2022.

Ketika itu Sulhaisda merasakan perih dilambungnya, sangat terasa sakit dan mual-mual hingga muntah berkali-kali. Akhirnya suaminya membawa Ia ke Puskesmas Way Halim untuk memeriksakan penyakitnya dan berharap akan sembuh segera sembuh.

“Saya nggak pernah berpikir sampai dirawat di rumah sakit, tapi dokter berkata kalau lambung saya sudah luka dan harus dirujuk serta dirawat di rumah sakit agar bisa sembuh. Mengikuti arahan dokter akhirnya saya dirawat di Rumah Sakit Urip Sumoharjo Bandar Lampung hingga 5 hari, dan bersyukur saya sembuh,” ujar Sulhaisda.

Sulhaisda merupakan peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau lebih dikenal dengan sebutan peserta mandiri. Sudah lebih 4 tahun Ia dan keluarganya menjadi peserta JKN-KIS, tidak mengalami kendala berarti saat memanfaatkan Kartu Indonesia Sehat miliknya.

“Sejak pertama mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, saya bukan karena telah sakit, melainkan saya dan keluarga sadar kalau jaminan Kesehatan itu sangat penting. Karena saya tau kalau berobat tanpa JKN-KIS bayarnya sangat mahal, pasti saya tidak mampu untuk membayarnya.

Maka dari itu saya memanfaatkan program yang telah disediakan oleh Pemerintah untuk membantu rakyatnya dalam hal mendapatkan pelayanan Kesehatan yang mudah dan murah untuk dijangkau semua kalangan. Karena prinsipnya jaminan sosial tentunya sifatnya bukan mencari untung, namun lebih ke membantu masyarakat,” jelas Sulhaisda.

BACA JUGA :   Polresta Bandar Lampung Salurkan Bansos Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Mengingat pentingnya menjadi peserta JKN-KIS, Sulhaisda mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar jangan ragu mendaftarkan diri dan keluarga menjadi peserta JKN-KIS, karena banyak manfaat yang didapat jika telah menjadi peserta JKN-KIS. *

banner 325x300
  • Bagikan