Roadshow Pengenalan Bakat Kewirausahaan BSI 2022, Gubernur Arinal Ajak Wirausahawan Muda Tingkatkan Kapasitas Usaha

  • Bagikan

BANDARLAMPUNG, LK — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak wirausahawan muda untuk meningkatkan kapasitas usaha mereka (scale up) agar dapat naik kelas ke jenjang usaha yang lebih mapan.

Ajakan Gubernur itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto saat mewakili Gubernur Lampung menjadi Keynote Speaker dalam kegiatan Roadshow & Onboarding Talenta Wirausaha BSI 2022 di Aula Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), Jumat 01 April 2022.

Fahrizal mengatakan pemuda merupakan pelaku pembangunan bangsa di masa yang akan datang, sehingga perlu membekali diri dan disiapkan ekosistemnya dengan berbagai kompetensi sesuai dengan potensi masing-masing.

“Kewirausahaan pemuda yang berkembang akan menjadi solusi multidimensi, karena pengembangan kewirausahaan pemuda diharapkan mampu mendorong perekonomian dengan basis kreativitas dan inovasi pada berbagai sektor ekonomi terutama sektor ekonomi kreatif,” ujar Fahrizal.

Saat ini, Pemerintah Provinsi Lampung terus mengembangkan sektor ekonomi kreatif untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus membuka lapangan kerja baru. Dari 17 Subsektor Ekonomi Kreatif, Provinsi Lampung memaksimalkan 3 subsektor yang menjadi andalan yaitu kuliner, fashion dan kriya.

Onboarding Talenta Wirausaha BSI 2022 untuk Region Palembang yang digelar di UIN Raden Inten Lampung dihadiri juga oleh Rektor UIN RIL Prof. Wan Jamaluddin, RCEO BSI Region Palembang Al-Huda Djanis, serta Ketua BPD HIPMI Lampung, dan Komisaris Independen BSI.

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menjadikan Provinsi Lampung sebagai lokasi selanjutnya kegiatan Roadshow & Onboarding Talenta Wirausaha BSI 2022 Region Palembang.

Talenta Wirausaha BSI merupakan program inkubator bagi para wirausaha muda untuk membangun dan meningkatkan kapasitas usahanya (scale up) sehingga mampu bertahan dan bersaing dengan beragam bisnis yang sudah mapan.

BACA JUGA :   Dirjen Hingga Kepala Daerah Berpartisifasi Pada Gebyar Bonsai Bumi Sekala Bekhak 2021

Kegiatan ini merupakan komitmen kuat bank syariah indonesia untuk mencetak lahirnya wirausaha muda dan mendorong pelaku UMKM di region Palembang, khususnya Provinsi Lampung untuk ‘naik kelas’.

Dalam data Pemprov Lampung,
penduduk usia kerja di Provinsi Lampung yang terdampak Covid-19 per Agustus 2021 terdiri dari:
a. Pengangguran karena Covid-19 sebanyak 39,9 ribu orang;
b. Bukan angkatan kerja karena Covid-19 sebanyak 15,7 ribu orang;
c. Sementara tidak bekerja karena Covid-19 sebanyak 33,4 ribu orang;
d. Penduduk bekerja yang mengalami pengurangan jam kerja karena Covid-19 sebanyak 351,5 ribu orang;

Dengan banyaknya pengangguran karena Covid-19 diharapkan para pemuda yang mengikuti kegiatan ini, termotivasi untuk segera memulai wirausaha baru, sehingga membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang kehilangan pekerjaan.

Pemerintah Provinsi Lampung telah mengambil arah dan strategi kebijakan dalam rangka peningkatan dan pemberdayaan sebanyak 192.234 UMKM yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, melalui pendampingan dan kemitraan, penguatan kelembagaan, fasilitasi pembiayaan, jaringan usaha dan pemasaran berbasis digital.

Fahrizal menyampaikan kepada seluruh peserta, selamat mengikuti kegiatan On-Boarding Program Talenta Wirausaha BSI.

“Semoga kegiatan ini dapat di ikuti dengan sungguh-sungguh oleh calon pengusaha muda, yang nantinya diharapkan dapat berkontribusi secara nyata untuk mewujudkan Indonesia Unggul, dan Indonesia Emas di tahun 2045.

Saya berharap kegiatan ini memberikan manfaat dan dapat segera mengakselerasi pemulihan ekonomi Lampung dengan lahirnya para wirausaha baru di Bumi Lampung yang kita cintai ini,” ujarnya.

banner 325x300
Penulis: KominfoEditor: Ahmad ridho
  • Bagikan