Dongkrak Kolektabilitas, BPJS Kesehatan Dampingi Kader JKN Sosialisasi

  • Bagikan

BANDARLAMPUNG, LK Dalam rangka optimalisasi fungsi Kader JKN, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung bersama Kabid Penagihan dan Keuangan, melakukan supervisi kepada Kader JKN yang sedang melaksanakan sosialisasi Program JKN-KIS kepada masyarakat di Balai Desa Fajar Baru Kabupaten Lampung Selatan, Kamis 20 Januari 2022.

Kader JKN adalah individu yang bekerjasama sebagai mitra BPJS Kesehatan berdasarkan hubungan kemitraan yang menjalankan sebagian fungsi dari BPJS Kesehatan yaitu fungsi edukasi, pengingat iuran, sosialisasi, pemberi informasi, menerima keluhan, dan pendampingan pelayanan kesehatan.

Dalam melaksanakan tugasnya seorang Kader JKN melakukan kunjungan dari rumah ke rumah khususnya kepada peserta binaan yang menjadi tanggungjawabnya.

Peran Kader JKN menjadi sangat penting dalam menjaga sustainibilitas program JKN-KIS, mengingat masih banyak peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau mandiri yang menunggak iuran JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung Agus Wibowo menyampikan hal tersebut dilakukan guna terus menyambung silaturahmi sekaligus melihat langsung peoses sosialisasi prigram JKN yang dilakukan oleh kader.

“Kami mau silaturahmi sekaligus melihat langsung proses sosialisasi yang dilakukan oleh Kader JKN, kami ingin tau secara langsung kendala apa yang dihadapi oleh Kader JKN di lapangan, agar dapat dicarikan solusinya supaya kolektabilitas iuran dari peserta mandiri semakin baik kedepannya,” tutur Agus.

Kader JKN mitra sekaligus perpanjangan tangan dari BPJS Kesehatan sangat membantu dalam hal sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terutama terkait pentingnya status kepesertaan aktif bagi setiap peserta. Hal ini penting diketahui peserta agar tidak mengalami kesulitan saat memerlukan pelayanan di fasilitas kesehatan.

Suhatati Kader JKN wilayah Desa Fajar Baru Lampung Selatan mengungkapkan sangat senang bisa menjadi Kader JKN karena membantu banyak orang. Ia setiap hari tidak bosan-bosannya mengingatkan dan mensosialisasikan betapa pentingnya program JKN-KIS serta untuk rutin membayar iuran tepat waktu.

BACA JUGA :   DPRD Lampung Vittorio: Perubahan RPJMD Lampung, Tentukan Suksesnya 33 Janji Politik Arinal-Nunik

“Saya senang bisa dikunjungi oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung, bisa laporan langsung. Pengalaman saya menjadi Kader JKN tidak semua warga menerima kami, namun karena hati nurani saya niatnya membantu masyarakat, jadi saya tidak pernah bosan ataupun lelah untuk mengingatkan masyarakat agar rutin membayar iuran dengan tepat waktu. Semoga peran kami kader JKN dapat membantu masyarakat dan juga BPJS Kesehatan” tutup Suhartati. *

banner 325x300
  • Bagikan