3.600 Calon Mahasiswa Ikuti Seleksi UTBK Mandiri 2024

48 views

LAMPUNGKHAM.COM-Universitas Lampung (Unila) memulai penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) seleksi mandiri hari pertama, Senin, 8 Juli 2024, di UPT TIK kampus setempat.

UTBK Mandiri merupakan salah satu program Seleksi Mandiri Unila (Simanila) tahun 2024 yang diseleksi berdasarkan nilai hasil UTBK yang diselenggarakan secara mandiri oleh Unila.

UTBK Mandiri Unila berlangsung selama tiga hari, mulai Senin, 8 Juli 2024 hingga Rabu, 10 Juli 2024. Ujian terbagi atas dua sesi, yakni pukul 07.45-10.35 Wib, dan sesi dua pada pukul 13.00-15.50 Wib.

Humas PMB Unila Muhamad Komarudin, S.T., M.T., menyampaikan, terdapat 3.600 peserta seleksi mandiri di semua jalur. Peserta UTBK Mandiri didukung dengan fasilitas berupa perangkat komputer yang terkoneksi jaringan serta sistem keamanan yang baik sehingga tidak bisa diintervensi pihak luar.

“Peserta juga diperiksa menggunakan metal detector sehingga menghasilkan sistem seleksi yang adil bagi semua peserta, serta sistem seleksi yang transparan,” pungkas Komarudin.

Jumlah peserta UTBK Mandiri mengalami peningkatan dari tahun 2023. Hal ini menandakan meningkatnya kepercayaan dan integritas Unila. Selain itu, terdapat sistem skoring yang sama seperti ujian nasional, sehingga tidak ada perbedaan signifikan.

Unila juga melibatkan pihak luar yang ahli di bidangnya untuk menguji soal ujian mandiri, sehingga dapat memenuhi standar dan kaidah soal ujian yang baik. Untuk menghadapi kecurangan, Unila menyiapkan tindakan tegas sesuai derajat kecurangan yang terjadi.

UTBK Mandiri Unila sesuai dengan prinsip PROAKTIF (Profesional, Akuntabel, Transparan, dan Informatif) diharapkan dapat diimplementasikan di lapangan, sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat dan menghasilkan mahasiswa baru berkualitas.

Baca Juga :  Realisasi Belanja APBD Pemerintah Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2022 Diatas Rata-Rata Provinsi