Pemprov Lampung Tingkatkan Kolaborasi dan Sinergi Bersama TNI Dalam Upaya Membangun Daerah

70 views

LAMPUNGKHAM.COM-Pemprov Lampung Tingkatkan Kolaborasi dan Sinergi Bersama TNI Dalam Upaya Membangun Daerah.

Gubernur Lampung diwakili Sekdaprov Fahrizal Darminto menggelar Ramah Tamah dan Jamuan Makan Malam dalam rangka Kunjungan Kerja Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI M. Naudi Nurdika, di Mahan Agung, Kamis Malam 16 Mei 2024.

Gubernur Lampung dalam sambutan yang disampaikan oleh Sekdaprov Fahrizal Darminto mengatakan, kehadiran Pangdam II/Sriwijaya beserta rombongan merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi masyarakat Lampung dan jajaran pemerintah daerah.

Gubernur berharap, kunjungan ini dapat semakin mempererat tali silaturahmi dan kerja sama antara pemerintah daerah, TNI, dan seluruh komponen masyarakat di Provinsi Lampung.

Provinsi Lampung sebagai pintu gerbang Sumatera memiliki potensi besar dalam berbagai sektor, baik pertanian, perikanan, pariwisata, maupun industri.

Provinsi Lampung senantiasa berkontribusi terhadap ketahanan nasional, khususnya pada sektor ketahanan pangan dimana pada tahun 2023, produksi padi sebesar 3,2 juta ton menempati peringkat ke-5 nasional, produksi ubi kayu sebesar 7,1 juta ton menempati peringkat 1 nasional, serta produk-produk unggulan lainnya seperti jagung, kopi, lada dan nanas.

Menyadari pentingnya peran TNI dalam menjaga stabilitas dan keamanan wilayah untuk menciptakan suasana kondusif yang mendukung pembangunan, Gubernur berharap sinergi yang telah terjalin antara pemerintah daerah dan TNI, khususnya Kodam II/Sriwijaya dapat terus ditingkatkan.

“Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, kita dapat mengatasi berbagai tantangan yang ada dan membawa Provinsi Lampung menuju kemajuan yang lebih baik,” kata Gubernur.

Gubernur juga berkomitmen untuk mendukung berbagai program TNI yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurut Gubernur, kolaborasi antara pemerintah daerah dan TNI/Polri akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, terutama dalam bidang pertanian, ketahanan pangan, dan peningkatan kualitas hidup masyarakat di pedesaan.

Baca Juga :  Festval Gurita Dan Surfing Competition 2022 Resmi Di Buka, 20 Atlet Pesisir Barat Siap Adu Nyali

“Saya ingin mengajak kita semua untuk terus memperkuat semangat persatuan dan kesatuan. Mari kita bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban, dan kedamaian di Provinsi Lampung,” pungkas Gubernur.

Sementara itu, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI M. Naudi Nurdika yang didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Sriwijaya Rika Naudi Nurdika mengungkapkan bahwa kunjungannya ini merupakan kunjungan pertamanya ke Provinsi Lampung. Sebelumnya, Mayjen TNI M. Naudi Nurdika secara resmi menerima Tongkat Komando Pangdam II/Sriwijaya pada 19 April 2024 lalu.

Provinsi Lampung, kata Mayjen Naudi, menyimpan berbagai potensi kekayaan alam yang melimpah, baik potensi ekonomi, pertanian, perkebunan dan juga pariwisata.

Mayjen Naudi selanjutnya memberikan apresiasi kepada Provinsi Lampung yang telah menyelenggarakan Pemilu dengan aman, lancar dan kondusif berkat koordinasi dan sinergitas yang baik dengan seluruh stakeholder.

Berkaca pada pelaksanaan Pemilu Pilpres yang lalu, jumlah DPT Lampung merupakan yang terbesar di Sumatera setelah Provinsi Sumatera Utara. Hal ini, kata Mayjen Naudi, menunjukkan bahwa kesadaran berdemokrasi masyarakat telah meningkat.

Menghadapi Pilkada serentak mendatang, Mayjen berpesan agar seluruh stakeholder terus membangun sinergitas yang baik serta menjaga netralitas.

“Intinya tidak memihak, netralitas dijaga. Saya yakin, kalau netral semuanya aman,” kata Mayjen Naudi.

Mayjen Naudi juga menyatakan bahwa TNI siap mendukung seluruh program pembangunan pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Mayjen menjelaskan bahwa TNI AD saat ini memiliki banyak program yang digalakkan oleh Kasad, diantaranya terkait ketahanan pangan, lingkungan hidup, TNI Manunggal Air, penanganan kemiskinan ekstem dan stunting.

“Kalau kita perhatikan, itu semua ada dalam tugas pokok TNI Angkatan Darat, tugas pokok operasi militer selain perang,salah satunya yaitu membantu pemerintah daerah. Nantinya, Pak Gubernur melalui Pak Sekda, tidak usah ragu-ragu memberdayakan TNI. Bisa dikomunikasikan, bila butuh tenaga butuh pikiran, silakan,” tutur Mayjen Naudi.***

Baca Juga :  Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto Pemprov Lampung Luncurkan UHC Program JKN