LP3M Unila Dukung Program PSDKU Unila di Kabupaten Waykanan dan Lampung Tengah

120 views

LAMPUNGKHAM.COM-Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Lampung (Unila) mengadakan evaluasi pelaksanaan kegiatan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Unila tahun 2023 dan persiapan kegiatan PSDKU tahun 2024 mendatang.

Kegiatan ini digelar di hotel horison bandar Lampung, Sabtu, 16 Desember 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor IV Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan TIK. Dr. Ayi Ahadiat, S.E., MBA. Sementara Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., memberikan sambutannya melalui zoom meeting.

Hadir langsung pada kegiatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah Nirlan, S.H., M.M., dan Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan, Saipul, S.Sos.,M.IP.

Dua kabupaten dilampung telah membuka kegiatan program studi diluar kampus PSDKU Unila yaitu kabupaten way kanan dan kabupaten Lampung tengah yang akan dimulai pada tahun 2024 mendatang.

Sekda Lampung tengah, Lampung tengah saat mengikuti evaluasi PSDKU Unila

Wakil Rektor IV Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan TIK. Dr. Ayi Ahadiat, S.E., MBA., mengatakan, Unila sangat mendukung dan mensuport pendidikan di Lampung, untuk meningkatkan dunia pendidikan dan meningkatkan sumber daya manusia.

” Kami Unila sangat berterimakasih kepada pemkab Waykanan dan Lampung tengah yang telah mendukung penuh program PSDKU Unila”. Ujar Ayi

Dengan adanya kampus PSDKU Unila, sambung Ayi, bisa mendekatkan dan memudahkan masyarakat Waykanan, Lampung tengah dan sekitarnya untuk mengenyam bangku pendidikan yang lebih tinggi.

” Masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi kuliah dibandar Lampung, cukup kuliah di PSDKU Waykanan atau di PSDKU Lampung tengah, sehingga bisa menghemat biaya dan lokasinya juga terjangkau. ” Kata Ayi.

Wakil rektor Bidang Perencanaan, kerjasama dan TIK, Dr. Ayi Ahadiat, S.E, MBA.

Unila akan terus mendukung dan mensuport dua kabupaten tersebut yang telah mendapatkan izin untuk mendirikan PSDKU Unila, melalui program kerjasama, program reguler dan program lainya.

Baca Juga :  Mobil Listrik Unila 1, Teknologi Green Composite Dari Daun bambu dan Rami

” Kedepan Unila akan mengupayakan, mempercepat mengurus izin membuka prodi-prodi baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat kedua kabupaten tersebut, sehingga sumber daya manusia di dua kabupaten tersebut semakin banyak dan berkembang pesat” . Tutup Ayi.

Kabupaten Waykanan telah menerima mahasiswa baru pada tahun 2023 ini, dengan prodi akuntansi dan ilmu komputer.

” Alhmdulillah, Waykanan telah membuka prodi D3 akuntansi, sedangkan ilmu komputer akan mulai menerima mahasiswa pada tahun 2024 mendatang, menunggu izin dari kementerian perguruan tinggi ” ujar sekretaris Daerah way kanan Saipul.

Menurutnya, waykanan selama ini belum memiliki universitas negeri, dengan adanya program PSDKU Unila ini, Waykanan sangat diuntungkan, baik dari segi peningkatan sumber daya manusia maupun dari segi ekonomis.

” Calon mahasiswa tidak perlu jauh-jauh lagi kuliah dibandar Lampung, dengan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, untuk transportasi, biaya kos dan biaya kehidupan sehari-hari, dengan adanya kampus PSDKU Unila ini, bisa menghemat biaya. ” Kata Saipul.

Waykanan, sambung Saipul, telah memiliki kampus PSDKU Unila, dengan memanfaatkan eks Rumah sakit daerah waykanan.

” Kita memanfaatkan eks rumah sakit lama yang tidak terpakai untuk kegiatan belajar kampus PSDKU Unila, semua sarana dan prasarana penunjang belajar kita lengkapi, selain itu juga, lokasinya cukup strategis, dengan akses jalan lintas sumatera. ” Beber saipul.

Saipul menambahkan, pemerintah Kabupaten Waykanan sangat berterima kasih kepada Unila yang telah memberi kesempatan kepada Waykanan dengan membuka kampus PSDKU Unila. Semoga pendidikan di Waykanan semakin berkembang pesat “. Tutup Saipul.

Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan Saipul, S.Sos.,M.IP

Dikesempatan yang sama, sekda Lampung Tengah Nirlan mengatakan, Lampung tengah telah menyiapkan anggaran untuk membuka kampus PSDKU Unila.

” Alhmdulillah izin mendirikan PSDKU Unila sudah keluar, sarana dan prasana sedang disiapkan dan pada tahun ini, siap menerima mahasiswa baru tahun 2024″. Ujar Nirlan.

Baca Juga :  Polda Lampung Kawal Kepulangan PMI Yang Terdampar di Turki

Saat ini, lanjut Nirlan, pemerintah Lampung tengah sedang membangun gedung PSDKU yang berlokasi di terbanggi besar, masih dalam tahap pembangunan.

” Sambil menunggu pembangunan gedung selesai, kami telah menyiapkan badan Diklat untuk digunakan dalam proses belajar mengajar mahasiswa PSDKU Unila” .jelas Nirlan.

Kami pemerintah Lampung tengah, tambah Nirlan, sangat berterimakasih kepada rektor Unila dan jajarannya yang telah mewujudkan keinginan Lampung tengah memiliki kampus PSDKU Unila.

” Dengan adanya kampus PSDKU Unila di Lampung tengah bisa mememudahkan dan menghemat biaya bagi calon mahasiswa yang ingin mencari ilmu diperguruan tinggi, sehingga kedepan Sumbar daya manusia dilampung tengah semakin meningkat” . Tutup Nirlan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah, Nirlan, S.H., M.M.