Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP) V Tahun 2023: “Transformasi Insinyur sebagai Katalis Pembangunan Nasional

317 views

LAMPUNGKHAM.COM-Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP) V Tahun 2023: “Transformasi Insinyur sebagai Katalis Pembangunan Nasional.

Universitas Lampung dengan bangga menyelenggarakan Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP) V Tahun 2023 pada yang digelar selama dua hari tanggal 13-14 September 2023.

Acara prestisius ini menghadirkan para pemangku kepentingan, narasumber terkemuka, dan peserta dari berbagai latar belakang untuk merayakan dan mendiskusikan peran kunci insinyur dalam pembangunan nasional.

Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP) V ini berbeda dari tahun sebelumnya, seminar kali ini dihadiri langsung Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia. H. Afriansyah Noor, S.T., M.Si., IPU dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Dr. H. Bustami Zainudin, S.Pd., M.H.

Acara SNIP V ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM, Asean Eng.

Dalam seminar itu Rektor Universitas Lampung, memberikan pidato inspiratif tentang peran insinyur dalam mendorong kemajuan bangsa. Beliau menyatakan, “Insinyur adalah tulang punggung dalam pembangunan sebuah negara. Mereka adalah para inovator, pemecah masalah, dan pemimpin dalam mewujudkan perkembangan teknologi yang berkelanjutan.” ujar Rektor dalam pidatonya.

Dikesempatan yang sama, wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Afriansyah Noor, S.T., M.Si., IPU mengatakan, insinyur adalah orang-orang yang profesional, punya kompetensi, berintegritas dalam pembangunan di Indonesia.

” kami berharap di kementerian, lulusan-lulusan insinyur ini bisa ikut andil dalam pembangunan di Indonesia, kami siap mengawal pembangunan di Republik ini dikerjakan oleh anak-anak bangsa kita sendiri. ” ujar Wamen

Kita ketahui, sambung Wamen, saat ini Indonesia sedang membangun proyek besar, yakni IKN, dalam pembangunan proyek besar itu dikerjakan oleh insinyur-insinyur profesional.

“Insinyur – insinyur Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Insinyur Indonesia (PII) terlibat langsung dalam proyek pembangunan IKN ” tutup Wamen.

Baca Juga :  Seminar Nasional Insinyur Profesional ke-6 (SNIP VI) Tahun 2024 bertajuk “ Insinyur Untuk Indonesia Emas” Sukses Digelar

Sementara itu. Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung Dr. Eng. Ir. Helmy Fitriawan, S.T., M.Sc., dalam laporannya mengatakan, acara ini menghadirkan 98 pemakalah dari berbagai bidang ilmu teknik, seperti Teknik Sipil dan Lingkungan, Teknik Arsitektur dan Perencanaan, Teknik Elektro dan Informatika, Teknik Mesin dan Industri.

Selanjutnya Teknik Geologi / Teknik Perminyakan, Teknik Pertambangan, Teknik Geodesi dan Teknik Geofisika, Teknik Kimia, serta bidang ilmu teknik lainnya yang relevan.

” Acara ini juga memfasilitasi 12 sesi paralel room untuk mendiskusikan berbagai topik menarik dalam ilmu teknik. ” jelas Helmy.

SNIP V tahun 2023, sambung Helmy, juga dilakukan secara hybrid melalui teleconference dan jugs bertempat di Aula Dekanat Fakultas Teknik Unila (13 September 2023) dan Hotel Bukit Lampung (14 September 2023), memungkinkan partisipasi dari berbagai tempat, mencerminkan semangat inklusi dan kolaborasi yang kuat.

Acara ini menjadi forum yang sangat berharga untuk berbagi pengetahuan, ide, dan pengalaman, serta memperkuat kemitraan antara akademisi, industri, dan pemerintah dalam mendorong transformasi insinyur sebagai katalis pembangunan nasional.

” Helmy menggarisbawahi peran penting Fakultas Teknik dalam menghasilkan insinyur-insinyur muda yang siap menghadapi berbagai tantangan di era teknologi modern. ” tutupnya.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh, yakni Wamen Ketenagakerjaan RI Ir. H. Afriansyah Noor, S.T., M.Si., IPU, Anggota DPD RI Dr. Bustami Zainuddin,
Ir. Abdullah Qiqi Asmara, S.T., M.Si., IPU, Perhimpunan Insinyur Indonesia (PII) Pusat.

Selanjutnya, Hj. Eva Dwiana, S.E., M.Si.- Walikota Bandarlampung. Diwakili Ir. Tole Dailami, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Bandar Lampung.
Ir. Napoli Situmorang, M.T., M.H, IPM, Wakil Ketua Umum Perhimpunan Kontraktor Indonesia (Perkindo).
Ir. Taufik Hidayat, M.M., M.E.P., Ketua PII Wilayah Lampung. Diwakili Dr.Ir. Heri Riyanto, M.T., Ketua 1 PII Wilayah Lampung. Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng, Sekretaris Lembaga Pengembangan dan Pengelolaan Mutu (LP3M) Universitas Lampung. Ir. Hamzah dan Ketua PII Kota Bandar Lampung.***

Baca Juga :  62 Mahasiswa Unila Ikuti Kuliah Perdana Program Profesi Insinyur