Ketum DKLS Bunda Winarni Hadiri Pelatihan dan Lomba Tari Kreasi Tingkat Kabupaten Lamsel

62 views

LAMPUNGKHAM.COM – Ketua Umum Dewan Kesenian Lampung Selatan Hj. Winarn Nanang Ermanto hadiri kegiatan Pelatihan Tari Kreasi dan Musik Tradsional serta Lomba Tari Kreasi Tingkat Kabupaten Lampung Selatan. Kamis 08 Juni 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Diklat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Lampung.

Ponimin selaku Ketua pelaksana melaporkan Pelatihan tari dan musik tradisional itu diikuti oleh sekolah sekolah serta sanggar sanggar seni yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

” Kegiatan ini diikuti oleh sekolah sekolah serta sanggar sanggar seni yang ada di Kabupaten Lampung Selatan,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan kegiatan tersebut merupakan program kerja dari DKLS di bidang tari dan musik tradisional

Kegiatan tersebut diikuti oleh 150 peserta pelatihan dan 13 kelompok tari yang mengikuti lomba tarri kreasi.

” Kegiatan ini adalah program kerja dari DKLS dimana pelatihannya diikuti oleh 150 orang dan 13 kelompok tari yang turut serta dalam perlombaan, ” Katanya

Hadir pada kesempatan itu Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang dan Kemasyarakatan Yespy Cory, Pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Camat se Kabupaten Lampung selatan, Kepala Desa se Kecamatan Natar.

Ketua Umum DKLS Winarni dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan momentum untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang musik tradisional khususnya yang ada di Lampung Selatan.

” Ini adalah momentum untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang musik tradisional khususnya yang ada di Lampung Selatan, ” Kata Winarni

Menurutnya dengan adanya kegiatan ini memberikan pelatihan kepada generasi muda agar memiliki ketertatikan akan musik dan budaya nusantara khususnya musik dan budaya Lampung Selatan.

” Menurut saya dengan adanya pelatihan ini generasi mudah akan memiliki ketertarikan akan musik dan budaya nusantara yang ada di Lampung Selatan, ” Ungkapnya

Baca Juga :  Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan Hadiri Grand Final Pemilihan Duta Genre Itera

Dirinya menambahkan, sesuai dengan arahan Bupati Lampung Selatan tari tarian yang diperuntukan dalam penyambutan harus diringi dengan gamolan asli.

” Pak Bupati selalu mengarahkan agar tari tarian yang diperuntukan dalam penyambutan harus diringi dengan gamolan asli, ” Imbuhnya

Dirinya berpesan jangan pernah merubah apapun yang ada di dalam tarian sakral seperti sigekh pengunten, dimana kotak yang dibawa penari harus berisikan sekapur sirih.

Yespy yang hadir mewakili dan membacakan sambutan Bupati Nanang Ermanto menyampaikan dengan adanya peran DKLS beserta para penggiat seni akan menjadikan kabupaten Lampung Selatan semakin kaya dengan karya-karya seni yang akan memberikan kebanggaan bagi Kabupaten Lampung Selatan.

Dirinya menambahkan Pelatihan Tari, Musik Tradisional dan Lomba Tari Kreasi ini merupakan salah satu sarana untuk menambah pemahaman dan keterampilan kita sebagai penggiat seni dalam meningkatkan kualitas kesenian, sekaligus juga untuk menciptakan kreasi kesenian lainnya.

Dalam kesempatan itu dirinya mengajak untuk menjadikan kegiatan pelatihan tari, Musik Tradisional dan Lomba Tari Kreasi hari ini, sebagai sarana untuk membangkitkan seni dan budaya daerah melalui kreasi, inovasi dan kolaborasi, sehingga akan tercermin karakter serta Jati diri budaya bangsa Indonesia yang beragam.

Diakhir sambutannya dirinya Dan berpesan kepada seluruh penggiat seni di Kabupaten Lampung Selatan untuk terus menciptakan kreasi dan Inovasi seni sekaligus mengembangkan budaya tradisional yang ada di daerah, sehingga budaya seni tari dan musik tradisonal dan karya-karya seni lainnya dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari pengembangan destinasi wisata yang ada di Kabupaten yang kita cintai ini.***