Disaat Keluarga Sakit Nurlailiana Selalu Andalkan Program JKN

118 views

BANDARLAMPUNG, LK – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia khususnya yang telah menjadi pesertanya.

Salah satunya adalah Nurlailiana warga Teluk Betung Kota Bandar Lampung ini telah merasakan banyak manfaat program JKN dan merasa puas dengan pelayanan yang diterimanya.

Wanita yang akrab disapa Nur ini terdaftar sebagai peserta program JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau mandiri. Saat dijumpai, Nur menceritakan pengalamannya merasakan langsung manfaat dari program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan itu.

“Saya sudah pakai kartu KIS ini sejak tahun 2016, pertama saat saya melahirkan anak pertama. Awalnya saat kontraksi mau melahirkan saya diantar suami ke Bidan, namun karena tak kunjung ada kemajuan, Bidan meminta untuk dirujuk ke Rumah Sakit.

Akhirnya di Rumah Sakit dokter menyarankan untuk dilakukan operasi caesar. Tanpa menunggu lama, operasi pun dilakukan dan Alhamdulillah saya dan anak selamat” tutur Nur. Kamis 29 Desember 2022.

Setelah diperbolehkan pulang oleh dokter, Nur dan suaminya kaget karena tidak ada biaya yang harus ia bayar ke Rumah Sakit 1 rupiah pun. Petugas bilang bahwa sumuanya sudah ditanggung oleh program JKN.

“Bapak berkas administrasinya sudah lengkap, Ibu dan bayi sudah cukup sehat sudah bisa dibawa pulang. Tidak ada biaya yang harus Bapak bayar, karena semua sudah ditanggung oleh program JKN” tutur Nur menirukan ucapan petugas Rumah Sakit saat menginfokan sudah diperbolehkan kami untuk pulang.

Lebih lanjut, pada saat orang tua Nur sakit juga tetap mengandalkan kartu KIS untuk pembiayaannya. Lalu anak Nur juga pada saat umur 2 tahun juga pernah sakit muntaber, dirawat di Rumah Sakit sampai 4 hari tetap kartu KIS yang membiayainya.

Baca Juga :  Rektor UBL Yusuf Sulfarano Barusman sandang gelar Profesor

“Sudah banyak menolong keluarga saya program JKN ini, mulai dari saat saya melahirkan, orang tua sakit, anak sakit, juga saat suami sakit gigi ke Klinik yang ada di dekat rumah kami. Semuanya tidak dikenakan biaya lagi, pelayanan dokter dan perawatnya juga baik, terbaiklah program JKN ini” kata Nur yang puas terhadap program JKN.

Nur mengapresiasi BPJS Kesehatan atas terselenggaranya program JKN yang sangat membantu dirinya dan keluarga. Ia berharap agar program ini terus berjalan dan berinovasi lebih baik lagi, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat.***