Untuk tingkatkan kapasitas Tenaga Medis Dinkes dengan terpaksa menggelar pelatihan cara menangani pasien Covid 19

221 views

BANDARLAMPUNG, Lampungkham Tenaga dan Pikiran tim medis sangat dibutuhkan disaat situasi seperti ini. Tim medis garda terdepan dalam membrantas dan merawat pasies covid 19. Senin 6 April 2020.

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung (Dinkes) dengan terpaksa menggelar pelatihan bagi petugas medis di sebuah Hotel, dalam rangka meningkatan kapasitas petugas kesehatan khusus penanganan dan penanggulangan Covid-19 (Corona).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dr. dr. Hj.Reihana,M.Kes mengatakan, Pelatihan berlangsung selama tiga hari sejak Jumat 3 April hingga Minggu 5 April 2020, berlangsung di Hotel Novotel Bandarlampung.

Menurut Reihana, acara tersebut sangat penting dan kondisi darutat yang sifatnya segera, kegiatan juga sudah mendapat izin dari pihak Polda Lampung dan Polresta Bandarlampung.

” Ini penting untuk melatih tenaga RS jangan sampai takut memegang pasien baik yang terdampak ataupun yang telah dinyatakan positif, tetap ikuti social distancing dan sudah izin Polda dan Polresta demi kepentingan pelayanan masyarakat, ini sifatnya darurat. Reihana  tidak ingin kondisi tenaga kesehatan dihantui rasa ketakutan ” jelasnya.

Reihana menegaskan, jika banyak Rumah Sakit (RS) di Lampung atau tenaga kesehatan yang takut memberi pelayanan pada pasien karena belum terlatih untuk ruang isolasi, dan petugas laboratorium yang belum terlatih cara pengambilan Swap secara benar.

” dikarnakan sifatnya urgen, Hotel Novotel yang dipilih sebagai alternatif terakhir, sebab sudah tidak ada tempat lain dan karena sifatnya mendesak pelatihan tersebut harus digelar ” tegasnya.

Sudah tidak ada tempat yang bisa menerima, tambahnya, tidak bisa ditunda dan perlu tempat yang luas untuk physical distancing ini yang terpenting.

” kami juga juga ada pengawalan pihak Polresta, intinya kegiatan tersebut penting dan mendesak untuk peningkatan pelayanan bagi tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19 dan mengutamakan kepentingan masyarakat Lampung,” tandas Reihana, dengan ramah.(*)

Baca Juga :  Monitoring Persiapan Lomba Desa, Nanang Minta Keseriusan dan Tanggung Jawab Tim Kabupaten Dalam Memberikan Pembinaan