Menuju World Class University, FKIP Unila realisasikan Kerjasama Bersama Faculty of Social Sciences and Humanities (FSSH) Universiti Teknologi Malaysia

77 views

LAMPUNGKHAM.COM-Menuju World Class University, FKIP Unila realisasikan Kerjasama Bersama Faculty of Social Sciences and Humanities (FSSH) Universiti Teknologi Malaysia

Bertempat di Ruang Sidang Dekanat Gedung A FKIP Unila, Dekan dan jajaran FKIP Unila menerima delegasi dari Universiti Teknologi Malaysia.

Tepatnya pada Senin 22 Januari 2024, kegiatan ini merupakan kunjungan balasan yang telah dilakukan oleh dekan dan jajaran FKIP unila pada 11 September 2023 di FSSH UTM.

Diskusi ini melibatkan Pimpinan Fakultas, Pimpinan Jurusan Pendidikan MIPA, dan Para Kaprodi serta Dosen di Jurusan PMIPA yakni dari Program studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Kimia.

Prof. Dr. Sunyono, M.Si., dalam sambutannya sebagai Dekan FKIP Unila menyampaikan bahwa pertemuan antara FKIP Unila dengan FSSH Universiti Teknologi Malaysia (UTM) merupakan diskusi tentang hasil pelaksanaan penelitian Tahun 2023, tindak lanjut penelitian untuk tahun 2024, dan mendiskusikan kerjasama lainnya yang memungkinkan untuk dilaksanakan tahun 2024.

Lebih lanjut, Dekan FKIP Unila juga menegaskan bahwa FKIP Unila akan selalu berkomitmen untuk kerjasama yang berkelanjutan, seperti mengalokasikan dana untuk penelitian-penelitian dan kegiatan lainnya dalam rangka mengeratkan hubungan saudara satu rumpun Indonesia dan Malaysia.

Selain memperkuat penelitian yang telah dilaksanakan dari tahun 2023, diharapkan antara kedua belah pihak akan memperluas kerjasama lainya, yakni Penulisan bersama Artikel pada Jurnal Internasional Bereputasi, kegiatan International Guest Lecturer, Visiting Professor, dan student mobility. Kegiatan-kegiatan tersebut mendukung Langkah Unila dalam rangka Internasionalisasi perguruan tinggi.

Internasionalisasi Perguruan Tinggi adalah aktivitas ataupun kegiatan dari perguruan tinggi dalam prosesnya untuk dapat mencapai sebuah tujuan, fungsi maupun untuk menciptakan pendidikan yang terintegrasi dengan komponen internasional di mata internasional.

Baca Juga :  Stabilisasi Harga Pangan, Pemkab Pesawaran Adakan Gerakan Pangan Murah (GPM)

Assoc. Prof. Ts. Dr Nor Hasniza Ibrahim mewakili FSSH UTM dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang baik yang telah diberikan FKIP Unila kepada perwakilan FSSH UTM.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa diskusi ini akan berfokus pada kajian perbandingan pendidikan dan pembelajaran yang terjadi di Indonesia dan Malaysia khususnya pada bidang pendidikan matematika, kimia, biologi, dan fisika.

“Dari diskusi yang mengkaji perbandingan pendidikan dan pembelajaran antara Indonesia dan Malaysia, diharapkan dapat saling mengambil hal positif untuk diterapkan dimasing-masing pihak”, lanjut Assoc. Prof. Ts. Dr Nor Hasniza Ibrahim dalam sambutannya.

Adapun empat orang dosen dari FSSH UTM adalah Assoc. Prof. Ts. Dr. Nor Hasniza Ibrahim (Dosen Pendidikan Biologi), Dr. Norfarahwahidah Abdul Rahman (Dosen Pendidikan Fisika), Dr. Muhammad Ikram Zakaria (Dosen Pendidikan Matematika), dan Dr. Chuzairy Hanri (Dosen Pendidikan Kimia). Keempat dosen tersebut merupakan dosen dari Faculty of Social Sciences and Humanities (FSSH) UTM.

Selain hadir untuk berdiskusi, keempat dosen FSSH UTM memberi International Guest Lecturer untuk dimasing-masing program studi di Jurusan PMIPA FKIP Unila.***