Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka operasi mantap Brata Krakatau 2023-2024

103 views

LAMPUNGKHAM.COM-Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M melalui Asisten III bidang administrasi umum Drs. Ismet Inoni M.M berharap penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 mendatang dapat berjalan dengan aman dan damai.

Hal itu disampaikan Ismet Inoni saat menyaksikan langsung kegiatan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka operasi mantap Brata Krakatau 2023-2024 yang di gelar Polres Lampung Barat.

Simulasi diawali dengan apel bersama yang dipimpin langsung oleh Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho, S.IK.,MH bertempat di Lapangan Indrapati Cakra Negara Kecamatan Balik Bukit, Kamis 26 Oktober 2023.

Dalam amanatnya, Heri Sugeng Priyantho mengatakan kendati Kabupaten Lampung Barat terbilang wilayah kamtibmas yang aman dan kondusif, namun mengingat 14 Februari 2024 mendatang akan di gelar pemilu serentak.

Oleh karena itu, dirinya menerangkan perlu dilakukan simulasi Sispamkota dengan tujuan selain guna mengasah kemampuan seluruh stekholder juga untuk menganalisa langkah-langkah yang akan dilakukan ke depannya agar tercipta pemilu yang aman dan damai.

“Meskipun situasi Kamtibmas wilayah hukum Kabupaten Lampung Barat sampai dengan saat ini terbilang aman dan kondusif, namun saya meminta kepada seluruh jajaran agar selalu waspada agar tidak terjadi yang tidak diinginkan,” ungkap Kapolres Lampung Barat seraya meminta kepada seluruh jajaran agar dapat lebih fokus terhadap empat TPS yang berada di Bandar Negeri Suoh (BNS) dan Way Tenong.

Sebab menurutnya, dari 982 TPS yang terdapat di Kabupaten Lampung Barat tiga TPS yang berada di BNS dan satu TPS di Way Tenong merupakan dalam daerah titik rawan.

“Hal itu berdasarkan potensi atau indeks kerawanan pemilu dari tingkat pusat. Selain itu, daerah tersebut terbilang cukup jauh dari kantor Polres maupun Polsek, akses jalannya cukup sulit dan disana ada sejarah konflik,” ungkapnya seraya menambahkan agar jajaran selalu memantau agar selalu terjaga supaya tercipta pemilu yang aman dan damai.

Baca Juga :  Sekda Pesisir Barat Mengikuti Vicon Terkait Pengadaan Barang dan Jasa Pencegahan Covid-19

Sementara ditempat yang sama, Ismet Inoni menyambut baik sekaligus mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Polres Lampung Barat yang sudah menggelar kegiatan tersebut.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Polres Lampung Barat yang sudah menggelar kegiatan simulasi Sispamkota ini,” terangnya.

Meskipun menurutnya, kabupaten berjuluk Negeri di Atas Awan tersebut sejauh ini terbilang wilayah yang aman dan kondusif.

“Kita berharap penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 nanti dapat berjalan dengan aman dan lancar. Apalagi melihat Simulasi Sispamkota yang diperagakan anggota Polres Lampung Barat tadi, tentu kita sangat optimis semuanya dapat berjalan dengan kondusif,” terangnya.

Ke depannya, Ismet Inoni berharap kerjasama yang baik dapat terjalin diantara semua pihak terutama dari para calon serta pendukungnya karena ini pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi di Indonesia, sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa Indonesia dan Kabupaten Lampung Barat sendiri.***