Berkat Pertamina Sutarjo Sulap Kotaran Sapi Menjadi Biogas

301 views

LAMPUNGKHAM.COM-Berkat Pertamina Sutarjo sulap kotaran sapi menjadi biogas.

Kotoran sapi yang selama ini sering diabaikan oleh pemilik ternak sapi, ternyata sangat bermanfaat, hal itu dibuktikan Sutarjo, petani di Desa Rejo Basuki Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah, memanfaatkan kotoran hewan menjadi biogas.

Pemanfaatan kotoran sapi menjadi biogas ini terbentuk atas dukungan Pertamina yang mendukung penuh para petani yang ada desa Rejo Basuki Lampung Tengah.

Diceritakan Sutarjo, pemanfaatan kotoran hewan ternak sapi menjadi biogas ini telah dilakukannya sejak awal tahun 2023 lalu, saat menjadi mitra binaan pertamina.

” Kebetulan saya memiliki 3 ekor sapi , tetapi tidak mengetahui, jika kotoran sapi mengandung gas ” ujar Sutarjo.

Atas bantuan dan edukasi dari pihak Pertamina, kotoran sapi bisa dijadikan alternatif untuk kebutuhan memasak sehari-hari.

” oleh Pertamina saya diberikan bantuan instalasi dan pelatihan cara mengolah kotoran tiga ekor sapi miliknya sehingga dapat menghasilkan gas yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak sehari-hari,” ujarnya.

Dengan terpasangnya intalasi biogas ini, saya merasa terbantu, bisa mengurangi biaya membeli gas elpiji.

” Biasanya butuh 4 tabung gas ukuran 3 kilogram dalam sebulan untuk memasak, namun dengan terpasangnya intalasi biogas ini, saya sudah tidak membeli tabung gas elpiji lagi, lumayan bisa menghemat pengeluaran, ujar Sutarjo lagi.

Lebih lanjut Sutarjo menjelaskan, selain untuk keperluan dapur, biogas ini juga dimanfaatkan untuk UMKM berupa pembuatan nasi tiwul.

Dirinya berharap bantuan seperti ini juga dapat diperoleh oleh seluruh petani di wilayahnya, sehingga kampung ini bisa menjadi desa energi berdikari sebagaimana program milik Pertamina.

” ya saat ini baru beberapa warga saja yang mendapatkan bantuan pembinaan dari Pertamina, diharapkan kedepan, semua warga yang ada di desanya bisa mendapatkan bantuan dari Pertamina.

Baca Juga :  Kadisos Lampung Serahkan Bantuan Kursi Roda

Sementara itu, dikesempatan yang sama, Ketua Kelompok Wanita Tani Industri Kecil Menengah (IKM) Mulia Desa Rejo Basuki Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Tengah Titi mengaku biogas dari kotoran ternak sapi sudah dimanfaatkan sejumlah petani di desa ini.

“Kami merasakan manfaat biogas ini terutama untuk memasak dan juga pembuatan produk IKM berupa nasi tiwul, tepung singkong, kacang kulit dan lain – lain,” ujar Titi.

Atas binaan pertamina, sambung Titi,  IKM Mulia telah menghasilkan beberapa produk yang sudah dipasarkan hingga keluar Lampung.

Selain mendapatkan pelatihan, pembinaan dan pemasaran untuk produk IKM, lanjut Titi, sejumlah warga yang menjadi binaan Pertamina juga mendapatkan bantuan instalasi biogas.

“Kami diberikan bantuan instalasi dan pelatihan cara mengolah kotoran sapi miliknya sehingga dapat menghasilkan gas yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak sehari-hari, juga limbah biogas kotoran sapi bisa dijadikan pupuk tanaman. ” pungkasnya.***