Ketua PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal Mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-78 Palang Merah Indonesia dan Tinjau Kegiatan Donor Darah

66 views

LAMPUNGKHAM.COM-Ketua PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal Mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-78 Palang Merah Indonesia dan Tinjau Kegiatan Donor Darah.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-78 Palang Merah Indonesia, di Lapangan Korpri, Rabu 27 September 2023.

Bertindak sebagai inspektur upacara Asisten Administrasi Umum Pemerintah Provinsi Lampung Senen Mustakim dengan komandan upacara Kasi Humas dan Pelayanan Donor UDD Pembina PMI Provinsi Lampung Zultrin Saputra,S.Kep.

Dalam Amanatnya Ketua PMI Provisi Lampung yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Senen Mustakim menyampaikan bahwa tepat pada tanggal 17 September 1945 PMI didirikan, dan pada saat ini genaplah usia 78 Tahun pengabdian PMI untuk kemanusiaan.

PMI diresmikan dan didirikan para pendahulu tokoh bangsa 17 hari setelah kemerdekaan Indonesia, artinya PMI ini begitu pentingnya sehingga lebih dahulu didirikan dibandingkan banyak lembaga nasional lainnya yang juga sama-sama memiliki pengabdian yang tinggi untuk bangsa Indonesia.

Peranan PMI sangat penting karena Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di seluruh dunia pengabdiannya sesuai dengan prinsip-prinsip kemanusiaan dan sesuai prinsip-prinsip dasar PMI yang telah disetujui dan disepakati bersama.

Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan Itulah prinsip pokok yang harus dipahami oleh semua Relawan, Pengurus dan semua keluarga besar Palang Merah Indonesia untuk membantu masyarakat.

Pada tahun-tahun terakhir ini patut disyukuri tidak banyak bencana seperti bencana alam, gempa bumi, tsunami akan tetapi bencana alam lainnya yang tidak kalah sulitnya untuk ditangani yaitu kekeringan dan perubahan iklim di dunia yang menyebabkan banyak penderitaan bagi masyarakat.

Penderitaan yang dirasakan masyarakat akibat perubahan iklim ini mulai dari kesulitan mendapatkan air bersih dan juga kesulitan dibidang lainnya, oleh karena itulah program utama pada bulan-bulan ini adalah bagaimana membantu masyarakat yang kekeringan, kekurangan air bersih dan kehidupan yang sulit.

Baca Juga :  Gubernur Arinal Hadiri Acara Pujawali Pura Kerthi Bhuwana Way Lunik dan Perayaan Hari Raya Kuningan

Untuk itu pada bulan-bulan yang akan datang PMI Provinsi Lampung akan menjalankan program-program penghijauan, semua Relawan diharuskan menanam pohon yang tentunya akan dikoordinasikan pelaksanaannya secara bersama-sama.

Ketua PMI Provinsi Lampung meyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Relawan, seluruh Pengurus dan masyarakat yang telah membantu dan juga sponsor-sponsor yang dengan sepenuh hati membantu kegiatan-kegiatan Palang Merah dan mengabdi kepada kemanusiaan dengan sepenuh hati.

“Sepenuh hati artinya ikhlas, penuh kerja keras dan juga pengabdian sebagai ladang amal ibadah kita dan itulah harapan saya pada hari yang penuh kebahagaiaan dan selamat untuk kita semua,” pungkasnya.

Dalam rangkaian upacara peringatan HUT ke-78 PMI, Ketua PMI Provvinsi Lampung didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar melakukan penandatanganan kerjasama antara PMI Provinsi Lampung dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung yang dilanjutkan dengan Penyerahan piagam penghargaan Pendonor yamg telah melakukan Donor darah sebanyak 50 dan 70 kali yang didampingi oleh Forkopimda Provinsi Lampung dan yang mewakili.

Riana Sari Arinal berkesempatan menyapa peserta upacara di Lapangan Korpri dan melakukan sesi foto bersama seluruh peserta upacara yang terdiri dari ratusan siswa-siswi SMP dan SMA anggota Palang Merah Remaja se-Bandar Lampung dan meninjau kendaraan yang diantaranya terdapat 2 kendaraan truk tangki penyalur air bersih serta memeriksa alat kelengkapan lapangan yang biasa digunakan PMI Provinsi Lampung dalam menjalankan tugasnya di Lapangan.

Peninjauan dilanjutkan dengan mengunjungi Kegiatan SIGER Donor Darah yang dilaksanakan di Ruang Abung Balai Keratun Lantai 1. Kegiatan Donor Darah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-78 PMI di Provinsi Lampung. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)