Silaturahmi Pemprov dengan Tokoh Agama se-Provinsi Lampung 2023, Gubernur Arinal Sampaikan Capaian Kemajuan Pembangunan Provinsi Lampung Selama Tahun 2023

33 views

LAMPUNGKHAM.COM-Silaturahmi Pemprov dengan Tokoh Agama se-Provinsi Lampung 2023, Gubernur Arinal Sampaikan Capaian Kemajuan Pembangunan Provinsi Lampung Selama Tahun 2023

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan sejumlah capaian kemajuan pembangunan yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung selama tahun 2023 dalam Silaturahmi Pemprov dengan Tokoh Agama se-Provinsi Lampung Tahun 2023, di Ballroom Hotel Golden Tulip, Rabu 23 Agustus 2023.

Capaian yang disampaikan Gubernur meliputi pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, laju inflasi, dan penurunan stunting yang kian membaik.

Gubernur Arinal mengungkapkan rasa bahagia dan bangga karena dapat bertemu dengan para ulama, pendeta, tokoh agama, serta tokoh masyarakat lainnya, untuk bersama-sama bermunajat kepada Tuhan Yang Maha Esa mengharapkan ridho-Nya.

Gubernur Arinal juga menegaskan, guna mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan diperlukan kontribusi seluruh stakeholder terkait, bukan hanya unsur pemerintah saja, melainkan tiap unsur yang ada di masyarakat.

Seperto diketahui, pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung pasca Covid-19 tumbuh menguat. Pertumbuhan ekonomi Lampung triwulan 1 tahun 2023 sebesar 4,96, lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi lampung triwulan 3 2022 sebesar 3,91.

Sedangkan laju inflasi menunjukkan penurunan, yaitu sebesar 1,19 pada periode September 2022-Maret 2023, lebih rendah dibandingkan periode September 2021-Maret 2022 sebesar 2,57.

Gubernur Arinal menjelaskan bahwa selama periode tahun 2019-2022, pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Lampung secara konsisten meningkat, hingga menjadi 70,45 di tahun 2022, yang kini berada di status tinggi.

“Hal ini menunjukkan bahwa strategi peningkatan IPM Provinsi Lampung melalui upaya peningkatan kuantitas dan kualitas masyarakat terhadap akses pendidikan, kesehatan, dan sektor ekonomi sudah berada di jalur yang tepat”, ujar Arinal.

Selanjutnya, kinerja dalam pengentasan kemiskinan di Provinsi Lampung cukup baik, terbukti dengan Angka Kemiskinan Provinsi Lampung di tahun 2022 tercatat sebesar 11,11% pada Maret 2023, turun 0,33% dibandingkan September 2022, dengan jumlah penduduk miskin turun sebanyak 24,9 ribu jiwa dibandingkan September 2022.

Baca Juga :  DPD KNPI Lampung Adakan Silahturahmi dengan Yayasan Mangkubumi Putra Lampung

Gubernur Arinal juga menyampaikan bahwa Provinsi Lampung berada di posisi 3 (tiga) besar Nasional dengan angka Prevalensi Stunting terendah secara Nasional dengan capaian sebesar 15,2 persen.

Berdasarkan tren penurunan stunting Provinsi Lampung, maka target Nasional penurunan stunting 14 persen di tahun 2024 akan dapat tercapai, bahkan lebih rendah.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Gubernur Arinal mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi aktif dalam mendukung pembangunan di Provinsi Lampung yang saat ini terus dilaksanakan.

“Saya juga mengajak kita semua untuk bersama-sama bermunajat, memohon keridhoan Illahi, agar pembangunan yang dilaksanakan saat ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” pungkasnya.

Sementara itu, Qudrotul Ikhwan selaku Ketua Pelaksana gelaran Silaturahmi ini menyampaikan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk mengingat dan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus membangun harmoni melalui silaturahmi antara Pemerintah Provinsi dengan seluruh stakeholder, tokoh agama dan masyarakat se-Provinsi Lampung.

Kegiatan Silaturahmi ini diinisiasi oleh Biro Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Lampung. Acara juga diisi dengan pemberian santunan kepada anak yatim, serta mendengarkan tausyiah.***