Pemprov Lampung Gelar Rakor Tim Pembina Gerakan Perempuan Senat Produktif Tahun 2023

44 views

LAMPUNGKHAM.COM — Pemerintah Provinsi Lampung menggelar Rapat Koordinasi Tim Pembina Gerakan Perempuan Senat Produktif (GP2SP) Provinsi Lampung Tahun 2023, di Ballroom Hotel Aston, Kamis 27 Juli 2023. Acara dibuka Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Ria Andari mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Pada kesempatan itu, Ria Andari menyampaikan apresiasi dari Gubernur Arinal atas terselenggaranya Rapat Koordinasi ini, dalam upaya untuk meningkatkan kualitas SDM dan kesehatan serta perlindungan bagi pekerja perempuan di Provinsi Lampung.

Ria Andari menyampaikan bahwa melalui kesempatan yang baik ini, Rapat Koordinasi dapa digunakan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas.

Juga sekaligus membahas informasi, pengalaman dan pembelajaran yang baik sehingga GP2SP dapat berjalan dengan baik yang pada gilirannya mampu menjadikan perempuan di Provinsi Lampung semakin berjaya.

Seperti diketahui, saat ini pekerja perempuan hampir di semua sektor. Hampir 30% dari total pekerja adalah perempuan.

Undang-Undang No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan Pasal 165 menyatakan bahwa pengelola tempat kerja wajib melakukan segala bentuk upaya kesehatan melalui upaya pencegahan, peningkatan, pengobatan, dan pemulihan kesehatan bagi tenaga kerja.

Pembentukan Tim Pembina GP2SP di Provinsi Lampung yang tertuang di dalam Keputusan Gubernur Lampung Nomor: G/115/B.02/HK 2021.

Ria Andari menjelaskan bahwa hal ini merupakan upaya dari pemerintah, maupun pemberi kerja dan serikat pekerja/buruh untuk menggalang dan berperan serta guna meningkatkan kepedulian dan mewujudkan upaya perbaikan kesehatan pekerja/buruh perempuan. Sehingga dapat meningkatkan produktifitas kerja dan kualitas generasi penerus.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Kegiatan Yulia menjelaskan bahwa Rakor ini bertujuan untuk memberikan pembinaan kepada perusahaan yang telah melakukan GP2SP dalam rangka pemberian penghargaan baim tingkat Nasional maupun tingkat Provinsi. Selanjutmya untuk mewujudkan upaya perbaikan kesehatan pekerja perempuan sehingga dapat meningkatkan produktifitas kerja.

Peserta Rapat Koordinasi GP2SP merupakan perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Juga diikuti kalangan BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Lampung, serta beberapa Perusahaan yang telah mempekerjakan pekerja Perempuan diatas 100 orang.***

Baca Juga :  Gubernur Arinal Melakukan Gerakan Tanam Cabai di Kabupaten Pesawaran
Penulis: Diskominfo provEditor: Ahmad Ridho