Kuliah Umum dan FGD Kurikulum Program Studi S-1 Teknik Lingkungan

189 views

LAMPUNGKHAM.COM-Kuliah Umum dan FGD kurikulum program studi S-1 teknik lingkungan.

Program Studi Strata-1 (S-1) Teknik Lingkungan Fakultas Teknik (FT) Universitas Lampung mengadakan kegiatan Kuliah Umum dan Focus Group Discussion (FGD) pada hari Selasa, tanggal 27 Juni 2023 bertempat di Aula A.2.1 Fakultas Teknik Universitas Lampung dengan tema “Green Material and System for Sustainable Environment”.

Dekan Fakultas Teknik, Dr Eng. Ir. Helmy Fitriawan, S.T., M.Sc., menyampaikan apresiasi kepada Prodi S-1 Teknik Lingkungan FT Unila yang berumur muda yaitu 2 (dua) tahun telah berhasil menyelenggarakan Kuliah Umum dan Focus Group Discussion (FGD) Kurikulum Bersama Stakeholder yang akan mendukung perkembangan dari prodi S1 Teknik Lingkungan untuk lebih maju dan berdaya saing global.

Kuliah Umum yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2023 menghadirkan Prof. Sri Suhartini, STP., M.Env.Mgt., Ph.D (Universitas Brawijaya Malang) sebagai narasumber. Prof Sri yang juga akrab di panggil Neneng ini menekuni bidang pemanfaatan limbah agroindustri dan biomasa untuk produksi bioenergi (biogas dengan teknologi anaerobic digestion/AD, biobriket, dll) dan bioproduk (kompos, media tanam, adsorben, bioplastik, dll).

Prof Sri juga menekuni bidang pengolahan limbah cair/padat seperti desain pengolahan limbah aerobik dan anaerobik, biofiltrasi, investigasi dan remediasi tanah tercemar limbah industri.

Pada bidang manajemen limbah dan lingkungan, Prof Sri memiliki keahlian terkait analisis carbon and energy balance pada teknologi AD, life cycle assessment, dan produksi bersih. Hal ini terkait visi dan misi Prodi Teknik Lingkungan Unila untuk menjadi Program Studi yang unggul di bidang renewable energy, waste management, dan green infrastructure dalam pengelolaan lingkungan berkelanjutan.

Tidak kalah pentingnya dari kuliah umum, Prodi Teknik Lingkungan Unila juga mengadakan Focus Group Discussion (FGD) tentang Kurikulum Prodi Bersama Stakeholder dari berbagai bidang, yaitu :
Akademisi, diwakilkan oleh Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sumatra (ITERA) dan Teknik Lingkungan Universitas Malahayati.

Baca Juga :  Ajak PNS dan Masyarakat Bayar Zakat Melalui Baznas, Bupati Lamsel Berikan Contoh

Pemerintah, diwakilkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandar Lampung, Pengusaha dan Pelaku industri, diwakilkan oleh PT. Keong Nusantara Abadi (Wong Coco), Rumah Sakit Belleza Kedaton, Rumah Sakit Graha Husada Lampung.

Ketua Program Studi S1 Teknik Lingkungan Unila, Ir. Fikri Alami, S.T., M.Sc., M.Phil., ikut mengapresiasi pelaksanaan acara Kuliah Umum dan FGD Kurikulum Prodi Teknik Lingkungan Tahun 2023 dan mengucapkan terima kasih kepada stakeholder, dari ITERA, Universitas Malahayati, DLH Kota Bandar Lampung, PT. Wong Coco, RS Belleza Kedaton, RS Graha Husada Lampung, dosen-dosen dari Jurusan Teknik Sipil dan seluruh panitia yang telah bekerja keras dalam penyelenggaraan acara tersebut.

Beliau juga berharap bahwa acara Kuliah Umum dan FGD Kurikulum ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dan keberlanjutan lingkungan di Indonesia terutama di bidang Green Material and Green Structure.

Kuliah Umum Prodi S1 Teknik Lingkungan 2023 dan Focus Group Discussion (FGD) Kurikulum Bersama Stakeholder menjadi sebuah bukti nyata bahwa Teknik lingkungan FT Universitas Lampung mampu untuk bersaing dan siap mencetak tenaga kerja baru yang kompeten di bidang ilmu renewable energy, waste management, dan green infrastructure dalam pengelolaan lingkungan berkelanjutan.***