Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) di Way Jepara Lampung Timur, Mampu Menyentuh 100 Penyandang Disabilitas

78 views

LAMPUNGKHAM.COM-Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) di Way Jepara Lampung Timur mampu menyentuh 100 penyandang disabilitas.

Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Sosial, sukses menyelenggarakan kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) bagi penyandang disabilitas, di Kecamatan Way Jepara, Lampung Timur, 20-21 Juni 2023.

UPSK dihadiri Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi, yang sekaligus menutup kegiatan tersebut, serta turut menyerahkan bantuan berupa alat bantu bagi penyandang disabilitas.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Aswarodi M.Si dalam kesempatan itu menyampaikan, pelayanan yang diberikan dalam penyelenggaraan UPSK mampu menyentuh 100 penyandang disabilitas.

Dalam kegiatan UPSK, kami juga mendatangi langsung ke rumah penyandang disabilitas, untuk melakukan penjangkauan, dan juga sudah menyiapkan tim yang lengkap, seperti tenaga medis, psikolog, dokter jiwa, pekerja sosial, yang rangkaian awal dimulai dari pemeriksaan medis, untuk menentukan derajat disabilitas. Setelah itu kami melakukan intervensi, asesmen untuk mengetahui jenis intervensi apa yang akan diberikan kepada penyandang disabilitas.

“Alhamdulillah dari 100 Penyandang disabilitas yang kita layani ini, 11 orang diberikan bantuan kursi roda, 10 orang intervensinya diberikan alat bantu dengar, 7 orang kita berikan tongkat netra, 2 orang tongkat kruk, 5 orang diberi alat bantu tripod, dan sisanya rujukan ke rumah sakit umum 2 orang, Rumah sakit jiwa 7 orang, panti disabilitas 1 orang, 6 orang down sindrom akan dirujuk, diberikan layanan rehabilitasi di Sekolah Luar Biasa(SLB), baik di SLB milik Pemprov Lampung maupun yang ada di bawah naungan PKDL Lampung” ujar kadis.

Kadis Sosial Aswarodi menambahkan, pembangunan di Provinsi Lampung bukan hanya meliputi bidang infrastruktur saja, tetapi banyak aspek yang harus kita perhatikan juga, diantaranya yang hari ini kita laksanakan di bidang kesejahteraan sosial.

Baca Juga :  Rektor UBL Yusuf Sulfarano Barusman sandang gelar Profesor

Di bidang pembangunan kesejahteraan sosial secara khusus bapak Gubernur Lampung, menjadikan penyandang disabilitas sebagai prioritas untuk diberikan pelayanan dan pemenuhan hak-hak yang tertuang dalam misi ketiga Provinsi Lampung, yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, dan penyandang disabilitas, guna mewujudkan rakyat Lampung berjaya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi mengatakan, atas nama pemerintah Kabupaten Lampung Timur menyampaikan ucapan terima kasih, dan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Sosial, yang telah bersedia menyelenggarakan kegiatan UPSK di wilayahnya.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur saya ucapkan terimakasih serta apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Lampung, melalui Dinas Sosial Provinsi Lampung, dengan segenap jajaran Tim UPSK yang telah berkenan memilih lokasi UPSK di Kabupaten Lampung Timur Bumei Tuwah Bepadan ini”, ucap Wabup.

Perlu diketahui, dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Dinas PPPA Lampung Fitriani Damhuri, Ketua Harian Pengurus Komunitas Disabilitas Provinsi Lampung (PKDL), Yunita Viriya, Ketua Harian LKKS Lampung Ratna Fitriani, Kepala Dinas Sosial Lampung Timur beserta jajaran, dan Camat setempat.***