Gubernur Arinal dan Ibu Riana Buka Lampung Craft IV 2023 Ciptakan Terobosan agar Produk UMKM Lampung Tembus Pasar Nasional dan Internasional

81 views

LAMPUNGKHAM.COM-Gubernur Arinal dan ibu riana buka lampung craft IV 2023, ciptakan terobosan agar produk UMKM lampung tembus pasar nasional dan internasional.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal secara resmi membuka Lampung Craft IV Tahun 2023, di Graha Wangsa, Bumi Waras, Bandar Lampung, Selasa 6 Juni 2023.

Lampung Craft 2023 ini akan berlangsung mulai dari tanggal 6 Juni sampai 10 Juni 2023. Dikuti oleh 44 Stan terdiri dari Stan Dekranasda Provinsi Lampung dan Dekranasda Kabupaten Kota, OPD terkait Provinsi Lampung, BUMN, Perbankan dan UMKM baik yang berasal dari Lampung maupun luar Provinsi Lampung

Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi terselenggaranya ajang promosi kerajinan terbesar dan terlengkap di Provinsi Lampung ini. Dia berharap dapat mendorong pembangunan ekonomi kreatif sekaligus menjaga dan mengembangkan adat-istiadat sebagai warisan budaya Lampung yang dibanggakan masyarakat Lampung.

“Saya berharap, ajang Lampung Craft, akan mendorong masyarakat Lampung, yang merupakan pangsa pasar utama dan potensial untuk mencintai dan membeli produk-produk daerah kita sendiri. Saya juga berharap ke depan produk UMKM Lampung dapat menembus pasar nasional bahkan hingga pasar Internasional,” ujar Gubernur Arinal.

Oleh karena itu, kepada para pelaku UMKM, Gubernur Arinal meminta untuk terus meningkatkan kualitas dan mutu produk, mulai dari desain produk, bahan/material serta teknik pengerjaan, sehingga memiliki daya saing yang tinggi untuk berkompetisi dengan produk-produk di tingkat nasional, regional bahkan internasional.

Gubernur Arinal menjelaskan Lampung Craft merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Lampung, dalam membangkitkan semangat kriya dan wastra serta salah satu strategi agar peningkatan daya saing UMKM Lampung dapat kita wujudkan.

Sejalan dengan upaya Pemerintah Daerah untuk meningkatkan daya saing UMKM, Dekranasda Provinsi Lampung sebagai mitra Pemerintah Provinsi Lampung menyelenggarakan ke – 4 (empat) kalinya even Lampung Craft dan Kabupaten Lampung Tengah menjadi ikon dalam gelaran event tahun ini.

Baca Juga :  Gubernur Arinal Djunaidi Resmikan Rumah Sakit Hewan Pertama di Provinsi Lampung

Gubernur Arinal meminta agar kegiatan seperti ini bukan hanya seremonial tahunan saja, tetapi menjadi wadah untuk menciptakan terobosan dan ide kreatif yang dapat meningkatkan daya saing, sehingga produk dan karya para perajin dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Kegiatan Lampung Craft terasa istimewa karena bersamaan waktunya dengan Pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna tahun 2023 di Provinsi Lampung, yang akan dihadiri sekitar 3.000 peserta dari berbagai Provinsi di Indonesia. Dan Lampung Craft telah ditentukan sebagai salah satu destinasi kunjungan peserta Gelar Teknologi Tepat Guna tersebut.

“Oleh karena itu, saya harapkan momentum ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh peserta Lampung Craft dengan memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk unggulan yang dipamerkan, sehingga dapat lebih memperluas pemasaran produknya, dan dapat lebih dikenal lagi di seluruh wilayah Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga, Gubernur Arinal memberikan apresiasi kepada Dekranasda Provinsi Lampung atas kontribusinya yang begitu besar dalam meningkatkan daya saing UMKM di Provinsi Lampung.

“Saya juga memberikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran Dekranasda Kabupaten/ Kota se-Provinsi Lampung atas komitmen, kerja keras serta partisipasinya dalam mensukseskan acara pada hari ini,” ujarnya.

Dalam kesempatannya, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal, mnyampaikan bahwa K
keanekaragaman sumber daya alam dan budaya di Provinsi Lampung menjadi sumber inspirasi para UMKM Lampung untuk menghasilkan produk karya anak bangsa yang mempunyai nilai yang tinggi Produk kerajinan yang kekinian namun tanpa meninggalkan identitas budaya kearifan lokal. “Oleh karena itu, Dekranasda Provinsi Lampung sebagai wadah pembinaaan dan promosi UMKM Lampung, berkomitmen untuk membantu UMKM menghasilkan produk yang berkualitas dan mempunyai nilai yang tinggi.

Baca Juga :  Gubernur Arinal Hadiri Reuni dan Halal Bihalal Alumni Kanwil Departemen Pertanian dan Bimas Provinsi Lampung, Kobarkan Terus Semangat Kebersamaan

Salah satu wadah untuk fasilitasi promosi kerajinan Lampung adalah Pameran Lampung Craft,” ujar Ibu Riana.

Ibu Riana menuturkan bahwa perkembangan wastra dan kriya Lampung semakin menggeliat. Pameran Lampung Craft yang telah dilaksanakan sejak tahun 2020 hingga saat ini, telah menjadi ajang pameran yang paling ditunggu oleh para pelaku UMKM khususnya kerajinan dan juga para pecinta wastra dan kerajinan lampung ,yang bukan sebatas masyarakat Lampung saja namun sudah meluas hingga berbagai daerah di Indonesia.

Adapun Pameran Lampung craft tahun ini akan berlangsung selama 5 (lima) hari mulai tanggal 6 s.d 10 Juni 2023 dengan tema The Pepadun “Harmony in Diversity of Lampung Tengah”.

“Sebagai ikon Lampung craft 2023 adalah Kabupaten Lampung Tengah dengan warisan adat istiadatnya pepadun yang memberikan warna dan ciri khas tersendiri bagi penyelenggaraan Lampung Craft tahun ini. Pepadun merupakan simbol kehormatan dalam suku budaya Lampung yang ada di Kabupaten Lampung Tengah,” ujar Riana Sari Arinal.

Riana Sari Arinal menyampaikan bahwa Dekranasda Provinsi Lampung akan terus melakukan inovasi dan ide baru untuk mengangkat karya UMKM Lampung ke kancah nasional. Berbagai program kegiatan seperti pelatihan atau bimtek kepada UMKM lokal Lampung bekerjasama dengan para desainer nasional, fasilitasi UMKM Lampung ke dalam pameran craft di berbagai event nasional, Kiprah/Pencapaian tertinggi Dekranasda Provinsi Lampung adalah ketika Lampung menjadi Ikon Kriya Nusa yang diselenggarakan oleh Dekranas Pusat pada tanggal 21-25 September 2022 lalu, di Hall A Jakarta Convention Center (JCC).
.
“Untuk penyelenggaraan pameran lampung craft ke-empat tahun ini, seluruh stan telah dipesan dan terisi penuh jauh hari sebelum pameran dibuka. Ini membuktikan bahwa pameran ini menjadi ajang ditunggu-tunggu bukan hanya oleh perajin di Provinsi Lampung namun juga oleh para perajin diluar Provinsi Lampung,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemkab lamsel ikuti rakor PPKM Mikro secara Virtual

Pada pelaksanaan pameran lampung craft tahun ini, jelas Riana, dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG) yang pesertanya diperkirakan 3000 peserta dari seluruh Provinsi se-Indonesia, tentunya akan mendorong peningkatan pariwisata Provinsi Lampung sekaligus akan membantu promosi dan pemasaran produk-produk unggulan UMKM Lampung.

“Saya berharap penyelenggaraan Lampung Craft yang ke-4 tahun 2023 dapat lebih sukses, dengan nilai transaksi dan kunjungan yang lebih besar dari penyelenggaraan Lampung Craft tahun-tahun sebelumnya. Semoga dengan terselenggaranya pameran ini akan memperkuat rasa kebanggaan dan identitas masyarakat Lampung serta memupuk semangat cinta akan budaya sendiri,” ujar Riana.

Sebagai informasi, selama kegiatan berlangsung dari hari pertama sampai terakhir, Lampung Craft 2023 akan diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya:
Pada hari pertama, akan ada Musik (Musisi Anak Muda Lampung/ambyar). Ada Talkshow dengan Didit Maulana (Desainer). Kemudian ada Talkshow dari Bank Indonesia dan Budayawan yang pesertanya mahasiswa.

Lalu pada hari kedua, ada pemutaran Film Kulak Kukut dan Dialog Budaya. Talkshow QRIS dan Fashion Show Didit Maulana.

Berikutnya, ada juga penampilan Dekranasda Tubaba, penampilan Dekranasda Tulangbawang. Yang tak kalah menarik ada fashion show Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional Tema “Mulai dari Desa” yang diisi oleh Dinas PMDT.

Kemudian, ada fashion show para Camat dan Kepala Kampung dari Lampung Tengah. Ada juga flexing produk lokal, fashion Show Tapis Lampung, demo Tapis, Fun Games dan IG Live dari Ketua Dekranasda Lampung.***