City Gas Tour Sambangi Kelurahan Sukarame Baru Bandarlampung, Lurah disambut antusias Masyakat

152 views

LAMPUNGKHAM.COM – PT Perusahaan Gas Negara,Tbk (PGN) Area Lampung melalui program City Gas Tour menyambangi Kelurahan Sukarame Baru, Bandarlampung, Senin 09 Mei 2023.

Kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-58, PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina menghadirkan food truck, mobil GasKu Berbahan Bakar Gas (BBG), dan Gas Terkompresi tabung (C-Cyl) ini bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat terkait pemanfaatan gas bumi yang bukan hanya dapat digunakan untuk segmen rumah tangga, komersil maupun industri.

Aktivitas city gas tour meliputi pengenalan produk-produk PGN dirangkai dengan sosilasi keamanan penggunaan gas bumi, dan demo masak bersama.

“Yang perlu diketahui bahwa pemanfaatan gas bumi tidak hanya dipakai untuk kompor dapur, rumah tangga gas bumi dapat dipakai oleh pelaku usaha atau komersial.

Gas bumi bisa dipakai untuk bahan bakar boiler, oven, stove, rice cooker, water heater, dan laundry. Keunggulannya tetap sama yaitu lebih hemat, aman, tersedia 24 jam, dan praktis,” kata Area Head PGN Lampung, Ahmad Abrar dalam paparannya. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan warga Kelurahan Sukarame Baru.

City Gas Tour ini juga mengadakan kegiatan lomba memasak dengan peserta warga disekitar Kelurahan Sukarame Baru.
Lurah Kelurahan Sukarame Baru, Budi Handoyo menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh PGN Lampung ini.

“Ya bagus sekali, karena warga menyambut antusias walau pun cuaca hujan, semunya warga datang ingin mengetahui bahwa manfaat gas untuk apa aja, disamping untuk masak, tadi kan dijelaskan bisa untuk mobil, bisa untuk nyetrika, semuanya di sini kan sudah diterangin,” kata Budi Handoyo.

Menurutnya selama ini warga di kelurahannya merasa terbantu dengan jaringan gas (jargas) yang telah terpasang di sebagian rumah warganya.
“Penggunan gas di kelurahan kami enggak ada keluhan dan sangat senang, masyarakat merasa terbantu dengan adanya jargas ini.

Baca Juga :  Giliran Lokasi Wisata di Lambar Ditutup saat Libur Lebaran, Portal Akses Masuk

Walau penggunanya baru kecil sekali pengguna jargas di kelurahan kami ini, kira-kira masih 25% lah,” terang Budi Handoyo.

Budi Handoyo berharap dengan adanya kegiatan dari PGN Area Lampung ini dapat mendongkrak kesadaran warga di kelurahannya yang belum memasang.

“Saya kira semuanya di sini kan belum terpasang, harapan saya semuanya warga Sukarame Baru itu teralirin semua gas, harapan saya. Dengan kegiatan ini, warga tahu manfaat gas mempermudah kehidupan, mempermudah enggak susah-susah mencari gas lagi,” harapnya.

Dikatakan Budi Handoyo kegiatan ini juga sebagai bentuk sinergi antara bagi Pemerintah Kota Lampung, khususnta Kelurahan Sukarame Baru untuk memberikan pemahaman pada warganya tentang pentingnya penggunanan jargas untuk menopang perekonomian.

“Ini adalah bentuk sinergi korporasi dengan pemerintah, khususnya kelurahan kami untuk mensosialisasikan pentingnya penggunaan jargas bagi masyarakat di sini. Masyarakat juga pingin sekali, di sini kan masih terbatas, cuma beberapa RT begitu. Ada 4 ribuan kepala keluarga (KK) di Kelurahan Sukarame Baru ini,” pungkanya.

Sementara itu salah satu warga Mesvin Yuliance menyampaikan terima kasihnya pada PGN Area Lampung yang telah memberikan kegiatan City Gas Tour tersebut.

“Alhamdulilah menyenangkan dan memuaskan. Yang didapat ya pengalaman dan juga mendapat pemakaian gas, peraturannya, ya misalnya ada kebocoran gas cara mengatasinya, pokoknya alhamdulilah mereka sudah memberi tahu peraturan-peraturan pemakaian gas,” kata Mesvin.

Mesvin mengaku sejak rumahnya tersaluri jargas, keluarganya dapat menikmati gas rumah tangga tanpa ada kendala.

“Saya pasang jargas dari Desember 2022, alhamdulilah gak ada keluhan, karena sebelum bulan Desember mereka petugas jargas ini masih aktif di sana, meteran kami dites, yang pakai air sabun itu na, kalau gelembung dia bocor mereka tahu, oh ini bocor, oh ini engak, ya alhamdulilah aman ampai sekarang,” terangnya.

Baca Juga :  Kasus KDRT Meningkat, Mirza Gelar Sosper Tentang Ketahanan Keluarga

Mesvin juga tak lupa menyarankan pada warga lain untuk memanfaatkan jargas untuk menujang berbagai kebutuhan seperti memasak.

“Saya menyarakan warga di sini yang belum menggunakan jargas untuk memasang, saya sudah merasakan manfaatnya langsung. Di warga saya di RT 04 kebeneran hampir semunya memakai, yang gak makai yang ngontrak,” imbuhnya.

Mesvin mengaku tidak ada kendala dari warga di rt-nya, dan mengapresiasi para petugas PGN karena melayani dengan baik.

“Ya alhamdulilah pelayanan petugas bagus, dan di sini kebetulan gak ada keluhan-keluah dari warga ya. Ya karna kalau ada warga-warga ada keluhan mereka pasti menghubingi saya, dan saya pasti langsung menghubungi petugasnya.,” pungkasnya.

Sebagai informasi bahwa Perjalanan City Gas Tour tahun 2023 akan mengarah ke Sumatera, dimulai dari Palembang, Lampung. Kemudian Tangerang, Bogor, sampai dengan Semarang.

Hadir juga dalam acara kegiatan City gas Tour ini Andi Sangga Prasetia General Manager, Sales and Operation Region I Sumatera, serta team city gas tour yang dilepas secara resmi Oleh Direktur Utama PGN pada hari Jumat, Wuriana Irawati Sr. Expert I, Corporate Services dan Dikot Adika Sampurna Hasibuan Analyst I, Corporate Services.***