Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran lakukan sidak pasar di Pasar Kedondong Kecamatan Kedondong pada Rabu 12 April 2023

171 views

LAMPUNGKHAM.COM-Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran lakukan sidak pasar di Pasar Kedondong Kecamatan Kedondong pada Rabu 12 April 2023.

Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran, Hendra Sulistianto menjelaskan sidak ini untuk memonitoring ketersediaan, keamanan, dan harga harga sembilan bahan pangan pokok di pasar rakyat menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Hendra mengatakan Tim Satgas Pangan yang terdiri dari Polres Pesawaran, Bappeda, Dinas Tanaman Pangan dan Horti Kultura, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perikanan, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Bagian Perekonomian Setdakab Pesawaran turun langsung untuk mengecek ketersedian sembako di lapangan.

Dalam sidak hari ini Hendra yang juga menjabat Kabag Pembangunan Setdakab Pesawaran menguraikan Beberapa komoditi pangan mengalami penurunan dan kenaikan harga.

” Dari Tim menyimpulkan ada bahan pokok yang mengalami penurunan harga antara lain, cabe merah keriting Rp. 28.000,- menjadi Rp. 25.000,-, cabe rawit sebelumnya Rp. 40.000,- menjadi Rp. 30.000,” terangnya.

Lalu beberapa komoditi pangan yang mengalami kenaikan harga antara lain, Telur ayam ras yang sebelumnya Rp 28.000,- menjadi Rp 30.000,- Daging Sapi yang sebelumnya Rp 120.000,- menjadi Rp 130.000,-.

” Untuk harga komoditi pangan yang lain relative stabil, dan untuk ketersediaan bahan pangan pokok berdasarkan hasil dari pemantauan sidak ketersediaan bahan pangan pokok menjelang Hari Raya Idhul Fitri 1444 H relative aman dan tersedia, ” imbuhnya.

Selain itu, masih ditemukan merek beras yang beredar belum memiliki nomor regristrasi pangan segar asal tumbuhan.

“Oleh sebab itu maka dilakukan pendataan kepada penjual beras asal merek tersebut dan pemilik penggilingan sehingga dapat di daftarkan nomor registrasinya,” tutupnya.***

Baca Juga :  Sidak Pasar Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN)