Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri 2023 Paham Rupiah Belanja Bijak

191 views

LAMPUNGKHAM.COM – Bank Indonesia Provinsi Lampung bersama PT ASDP Indonesia Ferry menyelenggarakan SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri 2023), di Dermaga Kapal Reguler dan Kapal KMP Legundi Bakauheni-Merak pp.

Kegiatan diisi dengan pembukaan layanan loket penukaran uang Rupiah pecahan kecil serta Sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) kepada masyarakat yang melakukan perjalanan dengan moda laut.

Kegiatan ini merupakan rangkaian SERAMBI yang telah dimulai pada tanggal 20 Maret 2023, bekerjasama dengan 36 Perbankan, yang terdiri dari 180 titik penukaran yang tersebar di wilayah Provinsi Lampung. Dalam Hal pelaksanaan SERAMBI diarea penyeberangan bakauheni pada tanggal 4 & 5 April 2023.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiyono, dalam sambutannya bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangkaian SERAMBI yang melayani penukaran uang Rupiah pecahan kecil kepada masyarakat selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H.

“Hal ini dilakukan dalam rangka menjalankan fungsi dan peran Bank Indonesia dalam menjaga dan memenuhi kebutuhan uang Rupiah masyarakat dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai. Kegiatan ini SERAMBI di KMP Legundi ini selain bekerjasama dengan ASDP juga bekerjasama dengan 5 perbankan yaitu : BRI, BNI, Mandiri, BSI, dan BPD Lampung”.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry, dalam hal ini diwakili oleh Manajer Usaha, Bapak Windra Soelistiawan menyampaikan ucapan terima kasih dan dukungan terhadap program SERAMBI yang diadakan di area Pelabuhan Bakauheni dan KMP Legundi.

“Kami mendukung prorgram SERAMBI Ramadhan dan senang berkolaboasi dengan Bank Indonesia, untuk memfasilitasi penukaran uang Rupiah pecahan kecil kepada masyarkat terutama yang melakukan perjalanan menggunakan moda laut.”

Pada kesempatan yang sama selain kegiatan layanan penukaran Uang Rupiah juga dilakukan sosialisasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah dan mendorong penggunaan QRIS di kalangan masyarakat.

Baca Juga :  SERAMBI 2023 Bank Indonesia Siapkan 180 Titik Penukaran Uang Tersebar di Wilayah Provinsi Lampung

Hal ini sejalan dengan tema edukasi dan komunikasi “Belanja Bijak”, yang selaras dengan aspek Paham Rupiah melalui perilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, mari #BeriMakna mengenal lebih jauh peran Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas Rupiah, dalam Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri 2023 (SERAMBI).

Untuk mendorong dan mendukung inovasi digitalisasi yang terkait dengan pelaksanaan tugas Bank Indonesia dalam penyelenggaraan Sistem Pembayaran, salah satunya perluasan penggunaan teknologi QRIS sebagai kanal pembayaran, maka Bank Indonesia tidak henti-hentinya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai QRIS dan manfaat dalam penggunaannya.

Kegiatan layanan dan sosialisasi tersebut diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan uang rupiah dengan kualitas yang baik, pecahan yang sesuai, dan nominal yang cukup juga sekaligus menambah pemahaman masyarakat terkait alat pembayaran yang sah di Indonesia yakni Rupiah yang harus dikenali, dirawat, dan dijaga serta semakin memperluas pemahaman masyarakat mengenai QRIS.***