Asisten Perekonomian & Pembangunan Provinsi Lampung Dampingi Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI Pantau Pasokan BBM dan Listrik

60 views

LAMPUNGKHAM.COM — Asisten Perekonomian & Pembangunan Provinsi Lampung mendampingi Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI dalam rangka Pemantauan Pasokan BBM dan Listrik Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444H, di TBBM Panjang PT. Pertamina Bandar Lampung, Kamis 01 April 2023.

Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI dalam rangka Pemantauan Pasokan BBM dan Listrik ini dilakukan untuk memastikan bahwa BBM dan listrik tersedia dengan handal, _affordable_, dan _sustainable_ menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444H.

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto, mengatakan bahwa Pemerintah harus menjaga situasi agar tetap kondusif menyangkut ketersediaan energi, karena ketersediaan energi yang handal merupakan salah satu faktor penting bagi situasi bangsa saat ini.

“Listrik, BBM, gas itu sudah menjadi kebutuhan dasar manusia atau _basic need_ dalam kehidupan yang beradab, maka masyarakat berkat menutut apabila kita tidak hadir dalam masyarakat,” ucapnya.

_Corporate Secretary_ PT Pertamina Persero, Brahmantya Satyamurti mengatakan bahwa Integrated Terminal Panjang merupakan terminal BBM yang menyalurkan BBM paling besar di Sumbagsel.

“Integrated Terminal Panjang ini merupakan terminal BBM yang menyalurkan BBM paling besar di wilayah Sumbagsel, mencapai 30%,” jelas Brahmantya.

Dalam kesempatan yang sama, Brahmantya Satyamurti juga menjelaskan mengenai Pola _Supply_ BBM & LPG IT Panjang yang terdiri dari Pola Reguler, Pola Alternatif, dan Pola _Emergency_.

“Kami mendapatkan sumber _supply_ utama adalah dari RU III Plaju, kemudian dari RU II Dumai, dan juga dari Tanjung Uban,” ucap Brahmantya.

Guna memastikan kelancaran pendistribusian BBM dan LPG selama periode arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2023, dibentuk Satuan Tugas Ramadhan Idul Fitri (Satgas Rafi).

Stok BBM dan LPG saat ini dalam kondisi aman dan seluruh infrastruktur telah disiapkan yang meliputi 10 terminal BBM, 2 terminal LPG, 675 SPBU, 62 SPBE, 482 Agen LPG, dan 6 DPPU.

Baca Juga :  Pemkab Lampung Selatan ikuti Verifikasi PUG secara Virtual

Direktur Regional Sumatera dan Kalimantan PLN, Adi Lumakso, mengatakan bahwa PLN telah berpartisipasi dalam pembangunan SPKLU sebanyak 616 unit mesin, khusus Provinsi Lampung FC 3 unit, MC 3 unit yang tersebar di 5 lokasi.

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto, mengatakan bahwa ketersediaan energi di Lampung dan Sumatera dalam rangka Ramadhan sudah baik.

“Ketersediaan energi di Lampung dan Sumatera pada umumnya adalah sangat handal dan menggembirakan, baik dalam rangka Ramadhan dll,” ucapnya.

Asisten Perekonomian & Pembangunan Provinsi Lampung, Kusnardi, menyampaikan permohonan kepada BPH Migas.

“Oleh sebab itu, saya bermohon melalui bapak pimpinan, Pak Sugeng ke BPH Migas, agar kuota yang ditetapkan buat Provinsi Lampung, ya kalau tidak ditambah jangan telalu rigid,” ucap Kusnardi.***