Mesuji Selenggarakan Gerakan Nasional Panen Padi Nusantara Satu Juta Hektar

270 views

LAMPUNGKHAM.COM-Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura provinsi Lampung bersama Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji melakakukan panen rata dengan judul Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar di Desa Sungai Badak Kecamatan Kabupaten Mesuji, Kamis, 09 Maret 2023

Panen tersebut merupakan keberhasilan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung dan Kabupaten Mesuji yang telah membina dan membimbing para petani yang ada di Kabupaten Mesuji.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Ir. Kusnardi yang diwakili Kepala Bidang Tanaman Pangan DKPTPH Ida Rachmawati mengatakan, Kami Pemerintah Provinsi Lampung menyambut baik diadakannya Panen Raya Nusantara ini, dipilihnya Kabupaten Mesuji ini, karena telah berhasil meningkatkan produksi panennya.

” Kita tahu, saat ini merupakan puncak-puncaknya panen padi hampir diseluruh areal persawahan. Salah satu bentuk perhatian pemerintah, kita akan menyatukan antara produsen penghasil gabah yaitu petani dengan mitra yang akan menampung hasil produksi gabah petani mungkin penggilingan yang ada di sekitar sini, PERPADI ataupun dari BULOG, ” ujar Ida saat membacakan sambutan.

Perkiraan puncak panen padi terjadi pada bulan Maret ini, sambung Ida, bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, pada bulan April – Mei. Untuk mengendalikan harga gabah agar tidak turun terus menerus akibat produksi gabah yang berlimpah sebaiknya petani ikut bergabung dalam korporasi sehingga dapat memiliki kekuatan yang lebih untuk menentukan harga atau memanfaatkan fasilitas yang diberikan melalui KPB.

” Tujuan akhir dari pembangunan pertanian, untuk meningkatkan kesejahteraan petani, berdasarkan Nilai Tukar Petani pada tahun 2021 mencapai 108,34 sedangkan tahun 2022 mencapai 109,00 artinya ada peningkatan 0,66. Upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani tersebut tidaklah mudah karena dihadapkan pada kondisi permasalahan dan tantangan ” tutup Ida.

Baca Juga :  Semakin Berprogres Petani Milenial Tanam Berbagai Macam Tanaman Pertanian

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin mengatakan, Kabupaten Mesuji selalu mengalami surplus dibidang pertanian terutama padi.

” Saya ingin menyampaikan rasa bangga dan senang, karena Kabupaten Mesuji dapat turut serta berkontribusi pada Panen Padi Nusantara satu juta hektar yang merupakan gerakan Nasional untuk meningkatkan produksi padi di Indonesia, ujar Sekda mengawali sambutanya.

Panen Raya Nusantara ini, sambung Syamsudin, tentu saja hal ini dapat kita laksanakan berkat kerja keras para petani, gapoktan, penyuluh pertanian, desa, dinas terkait, Kementerian Pertanian dan seluruh pihak yang telah memberikan sumbangsih positif téhadap sektor pertanian di Kabupaten Mesuji khususnya dan Indonesia secara luas.

” Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Mesuji, saya sampaikan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya. ” Ujarnya lagi.

Sebagai penunjang proses pembangunan, lebih lanjut Syamsudin mengatakan, sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis, bukan hanya berperan menyediakan bahan pangan, tetapi juga menjadi penopang pertumbuhan ekonomi.

” Para Petani, melalui peningkatan kapasitas kemampuan para petani dalam hal pengelolaan lahan pertanian, dan sebagai Pemerintah Daerah, kami juga akan senantiasa memberikan dukungan baik dari segi sarana, prasarana kepada para petani untuk dapat dimanfaatkan secara maksimal sehingga dapat bermanfaat bagi petani secara umum dan menyeluruh ” bebernya.

Dan hasil dari setiap upaya serta kerja keras kita bersama ini dapat kita lihat dan nikmati seperti pada panen raya yang kita laksanakan hari ini, Semoga Panen Raya ini juga bisa diikuti oleh Daerah lainnya di Indonesia, sehingga kita dapat memenuhi kebutuhan beras tidak hanya di Kabupaten masing-masing bahkan kalau bisa kita juga berkontribusi untuk Indonesia berswasembada beras, tentu itu akan sangat luar biasa.

Baca Juga :  Pakar Hukum Tata Negara Unila: Nanang Ermanto Masih Bisa Maju di Pilkada Lampung Selatan 2024

” Sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada para petani di Desa Sungai Badak yang sedang melaksanakan panen raya. Saya berharap Panen raya ini dapat kita lakukan secara Konsisten dan terus meningkat , sebab Peningkatan Produksi berbanding lurus dengan Kesejahteraan, di lain sisi, Kami Pemerintah Kabupaten Mesuji juga selalu berupaya untuk menjaga stabilitas harga gabah, jadi ayo kita bersama-sama berusaha dan bekerja keras agar Kabupaten Mesuji dapat menjadi Kabupaten yang ber-Swasembada Beras. ” Tutup Sekda.