Ciptakan SDM Profesional, Dinas Pariwisata Lamsel gelar Penyuluhan Sadar Wisata

359 views

KETAPANG, Lampungkham Rencana  Pemerintah Pusat menyulap Pelabuhan Bakauheni menjadi Harbour City ( Kota Pelabuhan ) disupport oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat.

Untuk mengubah menset warga sekitar pelabuhan dan desa penyangga, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Lampung Selatan Menyelenggarakan Kegiatan Penyuluhan Sadar Wisata di Pantai Batu Putih Desa Ketapang Kecamatan Ketapang, dengan menerapkan protokol kesehatan, Kamis 20 Mei 2021.

Kadis Pariwisata Ir. Rini Ariasih, MM menjelaskan, kegiatan ini untuk meningkatkan sumber daya manusia yang profesional dibidang pariwisata, sehingga dapat mendukung pengembangan kawasan pariwisata terintegerasi Bakauheni.

“Kegiatan penyuluhan sadar wisata ini akan berlangsung selama dua hari, diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia yang bisa bersinergi dengan pengembangan harbour city dan distinasi wisata sekitar pelabuhan bakauheni ” tutupnya.

Melalui Kadis Pariwisata Bupati lampung selatan Nanang Ermanto mengatakan, dengan.adanya kegiatan seperti ini, akan muncul para kader penggerak wisata yang profesional, sehingga ke depannya obyek wisata kita dapat dikelola dengan baik.” Ujarnya

Selain itu lanjutnya, dengan langkah promosi yang tepat obyek wisata yang ada lampung selatan khususnya bakauheni akan banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara.

“Sektor pariwisata suatu daerah bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, tentunya sangat dipengaruhi oleh keterlibatan masyarakat dalam mewujudkan Sapta Pesona, dengan menjaga keamanan, ketertiban, kehersihan, kesejukan, keindahan, keramah tamahan, dan kenyaman bagi para wisatawan.” Paparnya

Saya harap, lanjutnya, melalui kegiatan penyuluhan sadar wisata ini, dapat meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang kepariwisataan, sehingga dapat menjadi pemandu wisata atau konsultan sektor wisata yang handal dan berwawasan.

Dengan demikian upaya Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam mengembangkan obyek Wisata yang ada di Kabupaten Lampung Selatan akan berhasil dengan baik.

Baca Juga :  Gubernur Arinal, Kajati dan Kepala BPKP Tandatangani Kesepakatan Pendampingan Akuntabilitas Dana Penanggulangan dan Pencegahan Covid-19

Semua menjadi tugas pokok kita untuk mengangkat serta memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Lampung Selatan.

“Pesan saya kepada seluruh peserta penyuluhan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sungguh-sungguh. Dengan ilmu pengetahuan yang saudara paroleh akan memberikan dampak yang besar ketika saudara ditugaskan menjadi pengelola tempat wisata.” pesanya

Diketahui, kegiatan penyuluhan sadar wisata yang mengusung tema “kita Dukung Pengembangan Kawasan Pariwisata Terintegerasi Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan” yang diikuti oleh pelaku wisata, Plt Sekretaris Camat Ketapang Elhayati, Aparatur Desa Ketapang dan Pokdarwis Ketapang juga Pokdarwis Bakauheni dan media.(*).