Petugas PIPP Rumah Sakit Menjadi Garda Terdepan Pelayanan Program JKN-KIS

188 views

BANDARLAMPUNG, Lampungkham Dalam rangka meningkatkan pemberian informasi dan penanganan pengaduan di rumah sakit kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) rumah sakit se-wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung, Rabu 07 April 2021.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Petugas PIPP rumah sakit se-wilayah Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Pringsewu dan Tanggamus.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung Agus Wibowo mengatakan, pertemuan ini sebagai upaya peningkatan fungsi PIPP rumah sakit dan Petugas BPJS Kesehatan Siap Membantu (SATU). Ia menambahkan Petugas PIPP rumah sakit bertugas untuk memudahkan peserta dalam mendapatkan informasi mengenai Program JKN-KIS, mulai dari prosedur untuk mendapatkan pelayanan, hak dan kewajiban peserta/fasilitas kesehatan (faskes)/BPJS Kesehatan serta penyampaian keluhan.

“Diharapkan nantinya seluruh petugas PIPP rumah sakit memanfaatkan aplikasi SIPP sebagai sarana pendukung dalam melakukan pencatatan, tindaklanjut dan monitoring pelayanan PIPP di rumah sakit sehingga dapat dimonitoring untuk dilakukan perbaikan layanan agar dapat mencapai kepuasan peserta,” kata Agus.

Agus juga menyampaikan apresiasi kepada petugas PIPP rumah sakit yang telah melayani peserta JKN-KIS sepenuh hati. Menurutnya, peran petugas PIPP dan BPJS SATU! sangat vital dalam pemberian informasi kepada peserta. Sehingga, dengan hadirnya petugas PIPP dan BPJS SATU! bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi langsung saat berada di rumah sakit.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh petugas PIPP rumah sakit yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS, menjadi garda terdepan dalam membantu peserta JKN-KIS jika menemui kendala di rumah sakit,” tambah Agus.

Baca Juga :  Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona Menjadi Pembina Upacara sekaligus Memberikan Sambutan serta Penyematan Satya Lencana Karya Satya

Petugas PIPP Sakit Umum Daerah Pringsewu Puji menyampaikan terima kasih kepada BPJS Kesehatan atas apresiasinya dan mengadakan kegiatan monitoring dan evaluasi ini.

“Terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah mengapresiasi kami Petugas PIPP rumah sakit sebagai garda terdepan pelayanan terhadap peserta JKN-KIS, forum ini sangat baik dilakukan rutin sehingga informasi terbaru tentang program JKN-KIS dapat kami terima. Saran buat kedepanya agar program JKN-KIS semakin baik, saya harapakan adanya notifikasi pemberitahuan kepada peserta JKN-KIS yang kartunya tidak aktif, sehingga peserta JKN-KIS tidak kaget saat membutuhkan pelayanan kesehatan karena kartunya tidak aktif, agar bisa diurus segera untuk mengaktifkannya kembali,” ungkap Puji.

Di akhir sambutannya Agus Wibowo berharap dukungan Petugas PIPP rumah sakit, adanya kolaborasi dengan BPJS Kesehatan sehingga jika ada keluhan dari peserta JKN-KIS dapat segera teratasi, agar masyarakat puas atas pelayanan program JKN-KIS. (*)