Kerap Kena Banjir, Warga Minta Pemerintah Normalisasi Sungai Way Semangka

367 views

BANDAR NEGERI SUOH, Lampungkham Akibat tingginya curah hujan yang terjadi sejak Sabtu hingga Minggu (3/5/2020) di Kabupaten Lampung Barat (Lambar), mengakibatkan meluapnya sungai Way Semangka di Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS). Akibatnya sedikitnya dua Pekon (Desa) terendam banjir, Pekon Tembelang dan Pekon Hantatai, Kecamatan BNS.

Hingga saat ini belum bisa di pastikan berapa kerugian moril dan materil dalam musibah tersebut. Sejumlah areal persawahan warga di dua Pekon serta gedung SMPN 2 BNS terendam hingga satu meter.

Salah satu wali murid SMPN 2 BNS Aris mengatakan, pagi ini ketinggian air sudah menurun. Pihaknya juga mengharapkan Pemerintah Daerah (Pemda), dapat segera mencari solusi menanggulangi banjir ini. Pasalnya, hampir setiap intensitas hujan yang meningkat banjir dapat dipastikan menerpa dua pekon ini.

Musibah banjir yang terjadi sejak Sabtu malam hingga Minggu pagi sekira pukul 09.37 WIB, pihak Pemerintah Daerah Lampung Barat belum terlihat berada di lokasi.

Juru Tulis (Jurtul) Pekon Bumi Hantatai, Darsim menjelaskan, Pemerintah agar dapat segera meninjau lokasi karena hampir setiap hujan SMPN 2 BNS terendam banjir.

Sementara Camat BNS Suryanto mengatakan, Pemerintah segera menormalisasi sungai-sungai yang menyempit. Hal tersebut mengingat pentingnya untuk masyarakat BNS, oleh karena itu mohon di bangun segera.

“Mungkin itu aja harapan dari masyarakat BNS, karena setiap tahun mengalami kebanjiran hanya karena kali atau sungai yang sangat mendangkal, oleh karena itu kepada pemerintah di mohon untuk menormalisasikan sungai tersebut,” ungkapnya. (tto)

Baca Juga :  Dinas P3K dan KB Adakan Pelatihan Manajemen Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak