Rail Clinic distasiun Tegineneng, Banjarnegeri Kabupaten Pesawaran

248 views
Kadivre IV Tanjungkarang Sulthon Hasanudin mendampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tes kesehatan Rail Clinic

PESAWARAN, Lampungkham Program Bakti Sosial pengobatan gratis menggunakan Rail Clinic PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional IV Tanjungkarang yang terakhir ditahun 2019 ini, diselenggarakan di Stasiun Tegineneng, Banjarnegeri Kabupaten Pesawaran, dihadiri langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Kehadiran orang nomor satu di Lampung itu, didampingi Kadivre IV Tanjungkarang, dalam rangka kunjungan kerja ke Kota Bumi Lampung Utara dengan menggunakan kereta Inspeksi rail one, sekaligus melihat langsung pengobatan gratis menggunakan Rail Clinic distasiun Tegineneng, Banjarnegeri Kabupaten Pesawaran yang diikuti sekitar 250 warga yang tinggal dibantaran rel kereta api.

Executive Vice President PT KAI Divre IV Tanjung Karang, Sulthon Hasanudin mengatakan, bakti sosial pengobatan gratis dengan menggunakan rangkaian rail clinic telah dilaksanakan sebanyak 14 kali sepanjang 2019.

” pengobatan gratis rail clinic di stasiun Tegineneng, Banjarnegeri Kabupaten Pesawaran ini dihadiri Gubernur Lampung, program ini merupakan salah satu bentuk kegiatan PT. KAI dibidang kesehatan masyarakat, ” kata Sulthon.

Program Bakti sosial, sambungnya, telah dilakukan sejak tahun 2017 lalu, program ini akan terus dilakukan, mengingat, warga yang tinggal disekitaran bantaran rel kereta api, jauh dari fasilitas kesehatan.

” Dengan adanya pengobatan gratis menggunakan rail clinic, masyarakat bisa terbantu untuk mengecek kesehatannya,  sekaligus untuk mempererat silaturahmi dan menyosialisasikan bahaya bagi masyarakat yang beraktivitas di sekitar rel ” terang Sulton.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Kadivre IV Tanjungkarang saat meninjau Rail Clinic

Sedangkan Manager Humas PT.Kereta Api Divre IV Tanjung Karang Sapto Hartoyo, menyampaikan, selain layanan rail clinic di antaranya pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan mata, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian, juga dilakukan sosialisasi pendayaguaan aset PT KAI serta sosialisasi keselamatan perjalanan kereta api.

” Program Bakti sosial pengobatan gratis ini, juga dilakukan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut serta pembagian kaca mata gratis kepada 30 anak SD di dekat Stasiun dan pembagian tas serta merchandise, ” ujar Sapto.

Baca Juga :  Kapolres Lampung Barat Bagikan 500 Masker, 500 Vitamin dan 150 Bunga Kepada Pengendara Yang Melintas di Tugu Liwa

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang hadir dalam pelaksanaan bakti sosial tersebut menyempatkan diri untuk melakukan pengecekan kesehatan di area pendaftaran rail clinic.

Kemudian, Gubernur Arinal langsung meninjau poli kesehatan yang ada di rail clinic, diantaranya poli umum dan poli gigi.

Gubernur Arinal berharap bahwa rail clinic ini dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya warga yang ada di sekitar penggiran rel. (*)