Diversifikasi Pangan Perbaiki Konsumsi Pangan Masyarakat

329 views
Lomba Cipta Menu Dinas Ketahanan Pangan hadirkan Tim Juri Kompeten

BANDARLAMPUNG, Lampungkham Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Lampung, menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumberdaya Lokal tingkat Provinsi.

Ini merupakan upaya mendukung penganekargaman konsumsi pangan. Lomba diikuti Tim Dinas Ketahanan Pangan dari 15 Kabupaten / Kota Se luruh Lampung di Transmart Lampung Minggu, 20 Oktober 2019. Kepa

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ali Zubaidi mendampingi Asisten meninjau stand pangan lokal yang diikuti DKP 15 Kabupaten / Kota.

Sekretaris DKP Bani mendampingi Kepala Dinas DKP Ali Zubaidi mengatakan, berbagai menu pangan lokal yang dilombakan harus diterapkan mulai dari rumah tangga dan masyarakat.

“Saya berharap Lomba Cipta Menu ini tidak sebatas kampanye dan jangan hanya dimaknai sebagai acara seremonial saja, namun sebagai salah satu upaya dimana ibu-ibu peserta menjadi duta konsumsi pangan B2SA bagi masyarakat di sekitarnya” kata Bani.

Upaya penganekaragaman konsumsi pangan yang dilakukan, tambah Bani, tidak bermaksud mengganti beras secara total, tetapi mengubah pola konsumsi pangan masyarakat menjadi lebih beragam ” baik sumber karbohidrat, protein dan vitamin serta mineral, yang menjadikan kualitas gizi masyarakat lebih baik ” tambahnya.

Tim Juri DKP Ida Rachmawati saat menilai menu peserta lomba Cipta Menu

Tim Juri lomba cipta menu dari DKP Ida Rachmawati menjelaskan, Lomba Cipta Menu dimaksudkan untuk membangun inovasi dan melestarikan menu pangan lokal masyarakat yang ada disetiap daerah sebagai kearifan lokal. Untuk itu, kaum perempuan, khususnya ibu rumah tangga harus memahami bagaimana menyajikan menu pangan beragam, bergizi seimbang dan aman bagi keluarganya.

“Melalui lomba ini peserta diharapkan dapat mengembangkan kreasi resep menu beragam bergizi seimbang untuk diterapkan dalam menu keluarga sehari hari,” kata Ida.

Peserta Lomba dari DKP 15 Kabupaten / Kota, Chef Hotel dan Restoran se Bandarlampung, antusias mengikuti perlombaan

Upaya penganekaragaman pangan, lanjutnya, sangat didukung dengan kekayaan keanekaragaman hayati di Lampung yang melimpah.

” Kita memiliki kekayaan pangan, seperti sumber karbohidrat sebanyak 77 jenis, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran. Ini merupakan modal utama dalam menambah kekayaan bentuk dan gizi makanan ” tutupnya.

Baca Juga :  Cegah Covid 19 Jalan Protokol Kota Bandarlampung disemprot Disonfektan
Salah satu pemenang Lomba Cipta Menu mendapatkan Tropi, piagam dan uang binaan dari Dinas Ketahanan Pangan

Dalam lomba ini dihadirkan dewan juri yang kompeten yaitu Ahli Gizi, Istri Gubernur Lampung Riana Sari Arinal dan Tata Boga Sisca Soewitomo. ( * )