Tim Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Daerah gelar sidak pemantauan dan pengawasan keamanan pangan

  • Bagikan

BANDARLAMPUNG, Lampungkham Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Ketahanan Pangan, melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) pemantauan dan pengawasan keamanan pangan, di Pasar Tugu, Hypermart, dan Transmart Bandarlampung, Kamis 19 Desember 2019.

Payung hukum pelaksanaan pemantauan dan pengawasan keamanan pangan ini, amanah Undang undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan, yang menyatakan bahwa pemerintah berkewajiban memeriksa kemanan pangan yang diproduksi dan diedarkan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Lampung, Drs. Ali Subaidi, MM mengatakan, kegiatan pemantauan dan pengawasan keamanan Pangan ini merupakan salah satu Program Kerja Tim Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) Provinsi Lampung yang dibentuk berdasarkan Keputusan Gubernur Lampung Nomor. G/56A/HK/2015 tangal 2 Desember 2015.

” Kami memastikan pangan yang beredar dimasyarakat aman dikonsumsi. Pemantauan dan pengawasan pangan hari ini digelar secara terbuka, dalam rangka menghadapi natal dan tahun baru (NATARU) 2020″ujarnya.

Pemantauan dan pengawasan keamanan pangan hari ini, sambungnya, dlaksanakan berdasarkan kesepakatan rapat Tim Koordinasi KPD di Bandar Lampung yang menyepakati bahwa dalam rangka pemantauan dan pengawasan keamanan pangan di peredaran menjelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020 perlu dilaksanakan Sidak Bersama Tim Koordinasi JKPD.

” Ada tiga pasar yang menjadi sasaran sidak hari ini, dari tiga pusat perbelanjaan ini, tim koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) mengambil sampel beberapa jenis makanan yang dijual, untuk langsung di uji lab menggunakan alat uji sampel formalin dan alat uji boraks. Beberapa jenis bahan pangan yang di jadikan sampel diantaranya, Sayuran, buah-buahan, dan ikan segar. Dari hasil uji lab, dinyatakan bahwa hasilnya negatif, artinya makanan yang dijual bebas dari pestisida, formalin, dan borak, yang berbahaya bagi kesehatan ” beber Ali.

BACA JUGA :   Gunakan Rice Truck Ketua Komisi II DPRD Lampung Wahrul Fauzi Silalahi bersama ACT Bandar Lampung bagikan 6 ton Beras
tim JKDP sidak pemantauan dan pengawasan keamanan pangan, di Pasar Tugu, Hypermart, dan Transmart

Kepala Bidang Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Oktovia Hafid mengatakan, sidak ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung, melalui Tim Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Daerah, yang terdiri dari beberapa dinas instansi terkait, dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam mengkonsumsi pangan, baik pangan segar, olahan, maupun pangan siap saji, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, daging ayam, sapi, telur, ikan dan pangan lainnya.

“Sebenarnya pengawasan keamanan pangan bukan hanya dilakukan saat mendekati hari-hari besar keagamaan nasional saja, tetapi diluar itu juga tim terus melakukan pengawasan dengan cara diam-diam membeli sampel buah-buahan, atau sayur-sayuran, yang kemudian kami lakukan uji lab. Tetapi karena kali ini momennya luar biasa, maka kita lakukan pengawasan secara terbuka” ujarnya.

Oktovia menambahkan,Tim JKPD selama ini memang terus intensif melakukan pengawasan, sehingga membuat efek jera, terutama kepada pengelola pasar modern, untuk tidak main-main lagi dengan persoalan keamanan pangan.

” Mudah-mudahan kedepannya dengan adanya sidak ini, bisa menjadi pembelajaran, bagi para pedagang nakal yang berbuat curang dan merugikan masyarakat ” harapnya.

Adapun pangan yang disidak dan uji Lab meliputi Sanitasi pangan, Bahan tambahan pangan, Pangan produk rekayasa genetik, Iradiasi pangan, Kemasan pangan, Pemberian jaminan keamanan pangan dan Pemberian jaminan kehalalan pangan.

Selain itu juga, Tim memantau izin edar, registrasi, kehalalan, pemeriksaan bahan tambahan pangan, residu pestisida, formalin, pemeriksaan kemasan, pemeriksaan dokumen dan lain-lain. (*)

banner 325x300
  • Bagikan