Senapati 2021, Peran Perguruan Tinggi dalam Sinergi Pentahelix untuk Pembangunan Berkelanjutan

  • Bagikan

BANDARLAMPUNG, Lampungkham Fakultas Teknik Universitas Lampung kembali menggelar agenda tahunan, Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat dan Inovasi (SENAPATI) 2021 dengan tema “Peran Perguruan Tinggi dalam Sinergi Pentahelix untuk Pembangunan Berkelanjutan”. diselenggarakan secara online melalui media platform zoom cloud meeting  dan Online di Hotel Rodison dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Heriyandi Selasa 5 oktober 2021.

Acara yang dilaksanakan selama dua hari ini menghadirkan narasumber yang kompeten dan berpengalaman di bidang Pengabdian kepada Masyarakat yaitu Prof. Dr. drh. R. Wisnu Nurcahyo, Reviewer Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dari Universitas Gadjah Mada, Dr. Warji, S.TP., M.Si., Reviewer Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dari Universitas Lampung,  Markus Susanto, SE, MH. CHt., ICSS dari PT. Maggot Indonesia Lestari, Simparmin Br. Ginting, S.T., M.T., dari Teknik Kimia Universitas Lampung, dan Didik Kurniawan, S.Si, M.T. Ketua Jurusan Ilmu Komputer Universitas Lampung yang telah  berbagi kebijaksanaannya dalam kegiatan SENAPATI 2021 dan memberikan teladan serta inspirasi bagaimana seorang dosen harus berkiprah dan mengabdi di masyarakat.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Heriyandi, mengapresiasi Fakultas teknik yang telah memberikan ruang publikasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk para akademisi dan praktisi dari berbagai daerah di Indonesia.

Senapati Tahun 2021 ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan Fakultas Teknik Universitas Lampung sebagai salah satu kanal dalam mengimplementasikan sinergi pentahelix dan juga menjadi bukti kontribusi akademisi mendukung dalam pembangunan berkelanjutan  di Indonesia. “ Konsep pentahelix melibatkan stakeholder secara aktif mulai dari masyarakat, pemerintah, pelaku usaha, media, dan akademisi. Sebagai bagian dari pentahelix pembangunan berkelanjutan, Universitas Lampung bersinergi dengan Pemerintah Daerah Lampung mau pun pusat, masyarakat Lampung, pelaku usaha, dan media.” Ujarnya.

BACA JUGA :   Masjid se Kecamatan Lombok Seminung Gelar Sholat Istiqosah

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik, Prof. Drs. Ir. Suharno mengatakan, kegiatan Senapati ini wujud komitmen menunjukkan komitmen Fakultas Teknik Universitas Lampung untuk mengangkat prestasi dan kinerja civitas akademika dalam pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk realisasi tridarma perguruan tinggi. “ Pengabdian kepada masyarakat juga merupakan bagian dari sinergi pentahelix dimana Universitas Lampung khususnya Fakultas Teknik telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik dari dunia usaha dan industry “ katanya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Pelaksana, Dr. Ir. Endro P. Wahono menjelaskan Senapati 2021 diikuti oleh 95 peserta dari seluruh Indonesia, yang terdiri dari 68 orang peserta pemakalah dan 27 orang peserta non pemakalah “ dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai sarana sharing dan komunikasi ilmiah oleh para praktisi dan akademisi dari seluruh Indonesia dalam konteks pengabdian kepada masyarakat yang sejalan dengan upaya Universitas Lampung dalam upaya untuk terus bersinergi dan berinovasi untuk negeri “ pungkasnya. **

 

 

 

banner 325x300
  • Bagikan