Sekda Pesisir Barat Ir. N Lingga Kusuma, MP. menjadi inspektur upacara Paripurna Bulanan Sekaligus Memperingati Hari Bela Negara Dan Hari Ibu

  • Bagikan

KRUI, Lampungkham Sekretaris Daerah ( sekda ) Pesisir Barat Ir. N Lingga Kusuma, MP. menjadi inspektur upacara Paripurna Bulanan Sekaligus Memperingati Hari Bela Negara Dan Hari Ibu Kabupaten Pesisir Barat, Senin 22 Desember 2021.

Upacara berlangsung di Lapangan Merdeka Labuhan Jukung Pekon Kampung Jawa Kecamatan pesisir tengah.

Upacara juga di hadiri Oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pelaksana Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat Forkopimda Lambar-Pesibar dan Peserta upacara dari perwakilan Seluruh OPD.

Dalam amanatnya Ir. N Lingga Kusuma, MP. menyampaikan bahwa upacara pada hari ini merupakan upacara rutin bulanan di kabupaten pesisir barat.

” Pada kesempatan ini saya mengajak kita semua, baik yang bertugas pada instansi vertikal, TNU-Polri, BUMD, BUMN maupun aparatur sipil negara (ASN) pada jajaran pemerintah kabupaten pesisir barat untuk terus berbenah diri terutama dalam hal meningkatkan akuntabilitas kinerja dan pelayanan publik agar semakin baik, semakin responsif dan memuaskan ” ujarnya.

Saya mengajak, sambung Lingga, kita semua untuk selalu memegang teguh amanah para perintis dan pendiri kabupaten pesisir barat yang kita cintai ini, yaitu dengan meningkatkan kinerja kita semua sehingga hasil pembangunan di kabupaten pesisir barat ini akan membawa manfaat yg lebih besar terhadap kepentingan masyarakat secara keseluruhan.

Peringatan hari bela negara tahun 2021 ini mengambil tema “semangat bela negaraku, indonesia tangguh indonesia tumbuh”. tema tersebut mengisyaratkan kita untuk terus mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju indonesia maju.

” Kita masih berada dalam masa pandemi covid-19. krisis akibat pandemi ini harus kita hadapi dengan tepat, baik secara fisik dan non fisik. seluruh sendi-sendi kehidupan kita mau tidak mau harus siap menghadapi akibat dari pandemi ini. ketabahan, kesabaran, ketahanan, kebersamaan, kepandaian, semuanya diuji dan sekaligus diasah.dan kecepatan kita, tantangan yang kita hadapi tidaklah mudah. situasi seperti ini memerlukan daya juang kita sebagai bangsa, yang memerlukan kerja keras bersama agar mampu melewati masa sulit ini ” kata lingga

BACA JUGA :   Penandatanganan Nota Kesepakatan KUPA dan PPAS Tahun 2020, Pemprov Jelaskan Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Laju Pertumbuhan Ekonomi Lampung

Semua negara tengah berlomba- lomba untuk menjadi pemenang dalam perang melawan covid-19, baik menjadi pemenang dalam pengendalian virus maupun menjadi pemenang dalam pemulihan ekonomi negaranya.

Sebagai bangsa yang besar, kita juga harus tampil sebagai pemenang. kita harus optimis. kita harus mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan.

” Kita harus menjawab itu semua dengan inovasi dan karya nyata. kita tidak boleh berhenti berkreasi,berinovasi, dan berprestasi ditengah pandemi covid-19. kita harus buktikan ketangguhan kita, kita harus menangkan masa depan kita, dan kita wujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa dengan semangat bela negara” ujar lingga lagi.

Bela negara adalah tekad, sikap, dan perilaku serta tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan negara yang dijiwai ole kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), nilai-nilai dasar bela negara tersebut adalah cinta tanah air; sadar berbangsa dan bernegara; setia pada pancasila sebagai ideologi negara; rela berkorban untuk bangsa dan negara; serta kemampuan awal bela negara.

implementasi dari 5 (lima) nilai dasar bela negara inilah yang harus terus dikembangkan dalam setiap kesempatan.

Beliau mengajak seluruh rakyat indonesia sebagai bagian dari komponen bangsa untuk bersama-sama menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan semangat bela negara. kobaran semangat ini tentu berasal dari seluruh komponen bangsa mulai dari prajurit tni, polisi, pegawai, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri, mahasiswa, pekerja, buruh dan elemen rakyat yang lainnya. sejarah telah membuktikan bahwa negara indonesia dibentuk ole seluruh komponen bangsa. pembentukan in berawal dari pengorbanan yang dilakukan berpuluh- puluh tahun lalu dengan semangat bela negara. membela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata dan berperang, tetapi juga dilakukan dengan upaya-upaya politik maupun diplomasi.

BACA JUGA :   BLT Dana Desa Tahap 2 Cair di Pekon Kubu Liku

Tugas bela negara bukan hanya tugas TNI dan Polri semata, namun bela negara merupakan tugas dan kewajiban kita semua sebagai warga negara Indonesia, sebagai bagian dari komponen bangsa. untuk itu, saya mengajak kita semua untuk bersama- sama berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing.

“Sekali lagi, saya mengajak kita semua menjalankan tugas dan tanggung jawab kebangsaaan kita, untuk ikut serta dalam bela negara, di manapun kita berada. apapun pendidikan kita, apapun profesi kita, apapun pekerjaan kita, semua punya hak, semua punya kewajiban dan semua punya kesempatan yang sama untuk bela negara ” ajaknya.

Jadikan momentum hari bela negara ini, untuk meningkatkan semangat kita bersama dalam membela negara dan membangun bangsa.

Bangsa ini akan kuat dan besar, apabila kita semua mampu mengambil peran untuk menjadikan bangsa in lebih maju lagi. perkokoh semangat bela negara dan bah membahu, saling bergandeng tanga dalam menghadapi pandemi covid-19, agar kita tangguh melalui berbagai ujian, dan terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa.

Perkokoh tali persatuan dan persaudaraan, saling membantu,saling menolong, dan saling bergotong royong, seta selalu optimis dalam menghadapi setiap tantangan yang menghadang.

Kekurangan dan kelemahan harus sama-sama kita perbaiki. mari kita terus menanamkan semangat bela negara dalam diri kita untuk memperkokoh persatuan dalam nkri.

Mari kita tunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang kuat. bukan hanya mampu menghadapi perang terhadap covid-19 serta tantangan bangsa lainnya, tetapi bangsa yang mampu memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan.

Semoga allah swt, tuhan yang maha kuasa, senantiasa meridhai dan mempermudah upaya bangsa indonesia dalam meraih indonesia maju yang kita cita-citakan.

BACA JUGA :   Bakal calon Walikota Bandar Lampung, Rycko Menoza SZP mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) secara virtual digital yang diadakan oleh DPP PKB

Pada kesempatan ini, Pemerintah Kab Pesisir Barat juga mengucapkan selamat hari ibu 22 desember tahun 2021 ini dengan tema, “sayangi ibu setiap hari, bahagiakan kedua orang tua dengan sepenuh hati.” peringatan ini ditetapkan secara nasional yang bersandar pada dekrit presiden tahun 1959. adapun tujuan dari peringatan hari ibu nasional ialah untuk menggaungkan sekaligus mengapresiasi peran seorang ibu baik terhadap keluarganya, lingkungan masyarakat, hingga pemerintah.

Karena pada dasarnya, ibu adalah malaikat tanpa sayap yang allah untuk ke dunia untuk merawat kita, membesarkan kita, hingga mengajarkan kepada kita tentang luasnya ilmu. maka darinya, pada momentum peringatan hari ibu yang segera kita laksanakan pada hari ini, secara pribadi saya memberi apresiasi yang sebesar-besarnya. dan saya mengajak untuk bersama sama memperingati hari ibu ini dengan melakukan hal-hal yang baik, yang bermanfaat, serta yang bermaslahat bagi banyak orang.

Mengakhiri amanatnya Ir. N Lingga Kusuma.MP juga mengingatkan kembali bahwa dalam menyambut hari raya Natal tahun 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru) diharapkan kepada seluruh masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan lebih ketat, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan, dan melaksanakan 3t (testing, tracing, treatment). karena aturan terbaru selama libur natal dan tahun baru sudah tertuang dalam intruksi menteri dalam negeri n0. 66 tahun 2021 tentang pencegahan dan penanggulangan covid- 19 pada saat natal tahun 2021 dan tahun baru 2022.

Aturan terbaru tersebut berlaku mulai 24 desember 2021 hingga 2 januari tahun 2022.

Diakhir acara di lanjut dengan Penyerahan bantuan sosial oleh Pemda Pesisir Barat melalui Dinas Sosial.*

banner 325x300
  • Bagikan