Pelabuhan panjang dukung ekspor kayu olahan asal lampung

  • Bagikan

BANDARLAMPUNG, Lampungkham PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang/IPC Panjang melalui anak Perusahaan PT Pelabuhan Tanjung Priok Cabang Panjang/PTP Multipurpose Panjang melayani handling bongkar muat produk olahan kayu dari Provinsi Lampung yaitu Medium Density Fibreboard (MDF)

Mengawali tahun 2020, Lampung kembali mengekspor olahan kayu MDF menggunakan kapal MV GEM STAR yang sandar di dermaga D Pelabuhan Panjang tanggal 23 Januari 2020. Proses bongkar muat MDF dilaksanakan oleh anak perusahaan IPC yaitu operator terminal multipurpose yang melayani kegiatan bongkar muat kargo curah cair, curah kering, general cargo dan lain-lain.

General Manager PTP Multipurpose Panjang Ruly Arief Dwiyana mengatakan bahwa PTP Multipurpose Panjang akan memberikan pelayanan secara optimal agar proses bongkar muat berjalan dengan baik dan memenuhi standar kinerja yang sudah di tetapkan.

” Proses bongkar muat kargo milik PT Mukti Panel Industri ini dilayani menggunakan 2 (dua) unit Gantry Jib Crane dengan kapasitas masing-masing alat sebesar 35 ton. Tim operasional kami selalu berkomunikasi dengan port captain selaku perwakilan pemiilik barang maupun master kapal agar kegiatan bongkar muat MDF ini berjalan dengan efisien dan efektif, apalagi Lampung beberapa hari ini dilanda hujan yang tentu saja berpengaruh terhadap proses bongkar muat”,

Rully menjelaskan, Medium Density Fibreboard (MDF) sendiri merupakan papan material yang tersusun dari kombinasi serat kayu dan serbuk kayu yang dipadatkan dalam tekanan dan temperatur suhu yang tinggi dengan bantuan resin dalam prosesnya yang berfungsi sebagai bahan furniture (meja, kursi, lemari, dipan tempat tidur) dengan keunggulan bahan yang mudah didapat dan dibentuk sesuai keinginan.

” Mesir merupakan tujuan ekspor dari produk olahan kayu MDF tersebut. Ekspor perdana MDF dari Pelabuhan Panjang, dilakukan pada tanggal 12 Desember 2017 menggunakan kapal MV ANTIGONI B. Tercatat sebanyak 18.530 MT MDF telah diekspor ke Mesir dalam kurun waktu 2 tahun sejak ekspor perdananya ” jelasnya

BACA JUGA :   Manfaatkan waktu akhir pekan, rycko Blusukan ke sejumlah tempat di Bandarlampung

Diketahui, PT Mukti Panel Industri selaku produsen produk olahan kayu MDF memiliki pabrik di Provinsi Lampung di Jalan Lintas Sumatera No. KM 45 Bumi Ratu, Kecamatan Bumi Ratu, Nuban, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung 34161 dengan kapasitas produkasi kurang lebih 15.000 Ton per tahun. (*)

banner 325x300
  • Bagikan