Negara Malaysia, Jepang, Singapura, Kanada, dan India ikut andil acara Konferensi Internasional IC-STAR yang ke-7 Tahun 2021

  • Bagikan

BANDARLAMPUNG, Lampungkham Fakultas Teknik Universitas Lampung menyelenggarakan International Conference on Science, Technology, and Interdisciplinary Research (ICSTAR) 2021, dengan melibatkan negara seperti Malaysia, Jepang, Singapura, Kanada, dan India. Acara digelar secara daring melalui video conference dan tatap muka dihotel golden tulip, selasa 26 Oktober 2021.

Konferensi internasional dibuka oleh Rektor Universitas Lampung, yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes., yang diadakan selama dua hari tanggal 26-27 Oktober telah memasuki tahun ketujuh penyelenggaraaannya.

Asep Sukohar mengatakan, keterlibatan negara seperti Malaysia, Jepang, Singapura, Kanada, dan India menunjukkan tingkat kepentingan konferensi internasional ini.

” Konferensi ICSTAR 2021 bertugas sebagai wadah terobosan yang berarti dalam transformasi keteknikan yang cepat. ” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Panitia, Prof. Drs. Sugiyanto, M.T., menyampaikan, konferensi internasional ICSTAR 2021 mengusung tema “Refocusing Science and Technology in Engineering Innovation for Resiliennt of Covid-19 Recovery Toward our Sustainable Development Goals”.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari lima negara, termasuk Indonesia merupakan kebanggaan bagi  Ibu Dr. Ika Kustiani, S.T., M. Eng.Sc.IPM., Wakil Ketua Panitia,

” acara kali ini diikuti lebih dari 60 peserta internasional yang menyampaikan hasil penelitian yang dilakukannya. Ini salah satu capaian ICSTAR 2021″ ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik, Prof. Drs. Ir. Suharno mengutarakan, mengenai bidang keilmuan yang dicakup oleh ICSTAR 2021, Teknik Fisika, Matematika Terapan, Tekni Geofisika, Teknologi Informasi dan Komputasi, Ilmu Material dan Kimia, Teknik Mesin dan Manufaktur, Teknik Kimia dan Industri, Teknik Elektro dan Telekomunikasi, serta Teknik Sipil dan Konstruksi.

” Saya berharap keilmuan lintas bidang dapat mendorong terjadinya penelitian kolaboratif antara peneliti ” harapnya.

BACA JUGA :   Pemkot Bandar Lampung menghimbau masyarakat Tionghoa rayakan Imlek agar tidak Berkerumun dan tetap melaksanakan Prokes

Koordinator panitia acara, Ir. Meizano Ardhi Muhammad menjelaskan, kegiatan ini terdapat dua sesi Keynote, yang pertama dimoderasi oleh Dr. Lukmanul Hakim, M.T.  dengan tiga orang Keynote Speaker, Prof. Mohammad Badaruddin, Universitas Lampung (Unila) Indonesia dengan judul”Metalic biomass and power plant corrosion and prevention”, Prof. Andrivo Rusydi, National University of Singapore, NUS Singapura dengan judul “Optics and Applied Physics”  dan Prof. S Vaidyanathan, Vel Tech University, India dengan judul “Computer and Electrical Engineering.

Selanjutnya, sesi Keynote kedua dimoderasi oleh Martinus, S.T., M.Sc. dengan dua orang Keynote Speaker ,  Prof. Takaaki Kato, Kitakyushu University, Jepang dengan judul “Disasters Engineering and Risk Management” dan Dr. M.V. Reddy, Institute of Research Hydro-Quebe, Kanada. **

banner 325x300
  • Bagikan