Musda XIII DPD KNPI Lampung, Gubernur Arinal Berharap Hasilkan Rumusan Program yang Menyentuh Kepentingan Pemuda dan Masyarakat Lampung

  • Bagikan

BANDARLAMPUNG, LK — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Qudrotul Ikhwan, membuka Musyawarah Daerah (Musda) XIII DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Lampung bertemakan “Pemuda Bangkit, Wujudkan Lampung Berjaya”, yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Horison Bandar Lampung, Kamis 21 April 2022.

Pada kesempatan itu, Qudrotul menyampaikan harapan Gubernur Arinal agar KNPI dapat merumuskan kerja yang menyentuh kepentingan pemuda dan masyarakat Lampung.

Guberbur juga menyampaikan, atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, pihaknya mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan Musda, sebagai wahana untuk melakukan konsolidasi organisasi, melakukan evaluasi terhadap program kerja, melakukan penyempurnaan program kerja serta menetapkan rencana kerja dan kebijakan strategis demi kemajuan KNPI Lampung.

Qudrotul Ikhwan mengajak kembali mengingat sejarah perjalanan bangsa Indonesia, dimana pemuda mempunyai peran dan posisi yang sangat strategis. Berbagai momentum penting bagi bangsa Indonesia, baik pada masa sebelum maupun setelah kemerdekaan, lahir dari ide, semangat dan kepemimpinan para pemuda. Bahkan pada masa orde baru, pemuda tampil mempelopori perubahan menjadi era reformasi pada tahun 1998.

“Untuk itu, saya mengharapkan agar semangat kepeloporan tersebut dapat dijadikan sebagai acuan DPD KNPI Provinsi Lampung untuk merumuskan program-program kerjanya. Program kerja tersebut hendaknya dapat menyentuh langsung kepentingan pemuda dan masyarakat Lampung,” ungkap Qudrotul.

Qudrotul menuturkan KNPI sebagai organisasi pemuda tidak bisa terlepas dari pemerintah. Untuk itu, KNPI harus bersinergi dengan pemerintah daerah dan berperan dalam setiap sendi pembangunan, termasuk memiliki peran sebagai sosial kontrol bagi pemerintah dalam menjalankan kebijakan-kebijakan pembangunan, termasuk membangun sinergitas dengan pemerintah daerah khususnya dalam rangka mensukseskan pelaksanaan berbagai program serta visi misi Provinsi Lampung menuju Rakyat Lampung Berjaya.

BACA JUGA :   Anniversary ke-2 Traj@ng Bakal Dihelat Bersama Anak Yatim-Tokoh Agama

“Pemerintah Provinsi Lampung bangga dan memberikan apresiasi, kepada KNPI Provinsi Lampung, yang selama ini telah secara nyata berbuat untuk anggota, dan masyarakat yang diwujudkan dalam partisipasi di bidang pendidikan, sosial keagamaan,” ujarnya.

Lebih dari itu, Qudrotul berharap agar KNPI dapat berperan dalam pembangunan di Provinsi Lampung. Dukungan para pemuda, akan sangat dibutuhkan mengingat Pemerintah Provinsi Lampung terus melaksanakan pembangunan dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat di Provinsi Lampung, baik dibidang pertanian, pariwisata dan lain-lain.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama mengungkapkan rasa bangga karena Musda DPD KNPI Lampung bisa diselenggarakan. Hal ini mengingat KNPI Lampung sudah lama vakum sekitar 4-5 tahun.

Melalui Musda ini, Hari Pertama, berharap agar ketua yang terpilih bisa membuktikan dirinya yang terbaik di Provinsi Lampung, serta memiliki inovasi dan kreatifitas baru dalam menggerakkan DPD KNPI Lampung.

Haris Pertama menginginkan kekuatan pemuda Indonesia dari tingkat Provinsi sampai kecamatan dapat terus solid.
“Saya tidak menginginkan asal tunjuk ketua DPD. Tapi saya ingin ketua DPD yang dihasilkan, merupakan yang diinginkan dari Pemuda Indonesia dari tingkat provinsi sampai kecamatan,” jelasnya.

Haris mengungkapkan bahwa KNPI merupakan mitra strategis dari Pemerintah. “Kita merupakan mitra strategis Pemerintah, bukan antek Pemerintah. Kita harus mampu memberikan masukan dalam menyelesaikan persoalan yang tidak bisa terselesaikan oleh Pemerintah Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Karataker DPD KNPI Provinsi Lampung, Arya Kharisma Hardy menyampaikan, hari ini merupakan hari spesial dan ditunggu bagi generasi pemuda khususnya yang bernaung di KNPI.

“Dan terimakasih kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras, sehingga Musda XIII DPD KNPI Provinsi Lampung dapat berjalan dengan baik,” ujar Arya.

BACA JUGA :   Ringankan beban warga dampak Covid 19, Ketua Harian DPP Lampung Sai bagikan Sembako

Arya berharap pelaksanaan Musda dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta dapat merekomendasikan hal strategis guna memajukan Provinsi Lampung, dan tentunya dunia kepemudaan.
“Semoga dapat melahirkan Ketua KNPI Lampung yang mampu membawa KNPI Lampung ke arah yang lebih baik,” harapnya.

Adapun peserta Musda XIII DPD KNPI Lampung berjumlah 97 peserta yang terdiri dari 79 utusan dari OKP, 15 DPD Kabupaten/Kota, dan 3 unsur KNPI.

Berdasarkan Musda XIII DPD KNPI Lampung, dihasilkan ketetapan yakni Iqbal Ardiansyah sebagai Ketua DPD KNPI Provinsi Lampung masa bhakti 2022-2025. *

banner 325x300
Penulis: KominfoEditor: Ahmad ridho
  • Bagikan