Konsisten Terapkan Tata Kelola Perusahaan dan Manajemen Risiko, ASDP Berhasil Raih The Best GRC For Corporate Governance dan The Best CEO 2021

  • Bagikan

JAKARTA, Lampungkham PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berhasil meraih dua penghargaan yakni The Best GRC for Corporate Governance dan The Best CEO dalam ajang penganugerahan bergengsi The Best GRC & Performance Exellence Award 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia pada Kamis 5 Agustus 2021.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengapresiasi penghargaan yang diberikan kepada ASDP sebagai salah satu bentuk dukungan dan spirit kepada perusahaan yang telah berkomitmen untuk menjadikan Governance, Risk dan Compliance sebagai tools dalam menjalankan aktivitas tata kelola perusahaan dengan baik.

Sebanyak 19 Perusahaan BUMN, 4 BUMD dan 5 Swasta mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan bergengsi The Best GRC & Performance Exellence Award 2021. Acara yang digelar dengan mengangkat tema “Role of GRC During Crisis, Recovery and Reinvention’’ itu bekerjasama dengan OCEG – USA, FHCI (Forum Human Capital Indonesia), Grajosa Resources, IICD (Indonesian Institute Corporate Directorship).

Dalam perhelatan ini, ASDP berhasil meraih 2 penghargaan sekaligus, The Best GRC for Corporate Governance dengan penilaian Lima Bintang dalam kategori perusahaan jasa transportasi, dan juga The Best CEO yang diberikan kepada Direktur Utama ASDP, Ira Puspadewi. ASDP dinilai telah sukses mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG) dalam proses Bisnis maupun operasional sehingga dapat meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan maupun mitra bisnisnya.

“Alhamdullilah, penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan dan juga spirit bagi kami. Tentu ini merupakan pencapaian dan kerja keras bersama seluruh tim di ASDP, mulai dari direksi, komisaris dan seluruh karyawan ASDP.

Kami telah berkomitmen untuk menjalankan bisnis perusahaan dengan menerapkan prinsip GCG, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi,” tutur Shelvy.

BACA JUGA :   Physical Distancing, Laporkan Pemakaian Lisrtrik PLN Secara Online

Selain itu, pencapaian ini juga didukung dengan pelaksanaan transformasi yang tengah dilakukan perusahaan untuk menuju world class company. Di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini ASDP juga sukses menerapkan digitalisasi bisnis penyeberangan dalam meningkatkan performa bisnis perusahaan.

Tentunya, seluruh upaya ini juga didukung konsistensi seluruh insan ASDP dalam menjalankan aktivitas perusahaan dengan berlandaskan pada integritas tinggi budaya AKHLAK yang menjadi core values bagi seluruh BUMN.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2020 Irnanda Laksanawan menjelaskan, bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Tata kelola perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan (compliance)yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya.

Irnanda mengungkapkan, ASDP menjadi salah satu perusahaan yang berhasil meraih penghargaan The Best GRC karena bukan saja memiliki komitmen tinggi dalam mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG), tetapi di masa pandemi Covid-19 ini CEO ASDP juga sukses menerapkan strategi dalam menghadapi krisis akibat pandemik, serta berhasil melakukan transformasi digital dalam meningkatkan performa bisnis perusahaan.

“Keberhasilan ini bisa dilihat dari kinerja ASDP di masa pandemi, walaupun penumpang penyeberangan menurun drastis, terbukti ASDP tetap dapat mempertahankan performa keuangan secara positif,” ujarnya.

Selain itu,  kalau dari sisi Kementerian BUMN yang sudah meluncurkan budaya kerja “Akhlak (Amanah, Kompetensi, Haromins, Loyalitas, Adaptif dan Kolaboratif)” untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga data memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada publik maupun rakyat pada umumnya.

“Ternyata budaya itu diteladani dengan baik oleh perusahaan-perusahaan di bawah naungan BUMN, BUMD, bahkan perusahaan swastapun mengikuti, termasuk ASDP,,” tegas Irnanda.

Dewi Hanggraeni selaku Chairman Board of Jury menjelaskan bahwa acara GRC & Performance Excellence Award 2021 di tahun kedua Covid-19 ini merupakan momen yang tepat untuk recovery and reinvention dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan.

BACA JUGA :   Tim Tanggap Darurat ACT Siaga di Lokasi Bencana Sukabumi

Diadakannya acara ini juga untuk memotivasi para pelaku bisnis dalam menyempurnakan praktek GCG, penerapan manajemen risiko, meningkatkan kepatuhan, sekaligus GRC secara keseluruhan.**

banner 325x300
  • Bagikan