Komitmen PLN menerangi hingga Pulau Terluar segera terwujud

  • Bagikan
Komitmen PLN UID Lampung menerangi hingga Pulau terluar Lampung

PESAWARAN, Lampungkham Komitmen PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Lampung ( UID ) menerangi hingga Pulau terluar akhirnya benar- benar dibuktikan, dengan melakukan Groundbreaking Saluran Kabel Laut Tegangan Menengah (SKLTM) di Dusun Kalayang, Desa Pulau Pahawang, Pesawaran, Rabu, 20 November 2019.

Groundbreaking merupakan peletakan batu pertama atas pelaksanaan pengadaan SKLTM di Pulau Pahawang. Pemasangan SKLTM sepanjang 1,8 kms ini melalui proses produksi dan pengiriman kabel, penggelaran SKLTM, konstuksi jaringan darat hingga pengoperasian. Pekerjaan dimulai dari bulan November sampai Desember 2019.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berterima kasih kepada PLN yang telah bekerja keras melistriki di daerah kebanggaan wisata Lampung, Pulau Pahawang. “Insyallah dengan adanya SKLTM ini, kelistrikan di Pulau Pahawang aman dan semoga dapat menjadikan pahawang sebagai desa wisata green energy,” ujarnya.

  1. Hal yang sama juga dikatakan Bupati Pesawaran Dendi Ramadona yang berterima kasih kepada pihak PLN yang telah melistriki pulau pahawang untuk kemajuan desa. ” Kami berharap agar program seperti ini dapat diteruskan,” ungkap Dendi.
Groundbreaking pemasangan kabel laut Pulau Pahawang 

Sementara itu EVP Pengembangan Regional Sumatera PLN Budi Pangestu mengatakan, Kondisi kelistrikan di Pulau Pahawang dilengkapi dengan Jaringan Tegangan Menengah sepanjang 9,74 kms dan Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 11,26 serta didukung oleh 4 (empat) Gardu Distribusi dengan kapasitas masing-masing 100kVA.

“Pemasangan SKLTM telah dilakukan di beberapa tempat di Sumatera, seperti di Dumai-Pulau Rapat, Pulau Bintan-Pulau Penyengat, Pulau Batam-Pulau Belakang Padang, dan Pesisir Barat-Pulau Pisang.

PLN, sambungnya, tidak akan bsa menjalankan program kelistrikan ini sendiri atau tanpa bantuan bapak ibu sekalian.” Diharapakan kehadiran SKLTM ini dapat membantu mendorong perekonomian masyarakat Pulau Pahawang, meningkatkan daya tarik investor, hingga meningkatkan pendapatan daerah hingga menjadikan Pulau Pahawang sebagai desa wisata eco tourism” pungkasnya.

BACA JUGA :   WAKIL BUPATI LAMPUNG BARAT MAD HASNURIN BAGIKAN SERAGAM SEKOLAH GRATIS DI SDN 1 SUKA MULYA

Dikesempatan itu, Gubernur Lampung bersama Bupati Pesawaran mencoba motor listrik mengelilingi Pulau Pahawang. Motor listrik memiliki kelebihan, antara lain ramah lingkungan, bebas polusi udara, bebas polusi suara, aman, dan mudah digunakan. Untuk pengisian ulang tenaga motor listrik ini dapat dilakukan dimana saja karena PLN telah menyediakan 108 Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) yang tersebar di Wilayah Provinsi Lampung.

Pada acara ini, turut hadir Gubernur Provinsi Lampung Ir. Arinal Djunaidi, EVP Pengembangan Regional Sumatera PLN Budi Pangestu, Forkopimda Provinsi Lampung, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, General Manager PLN UID Lampung Pandapotan Manurung, dan Pejabat di lingkungan pemerintahan Provinsi dan Kabupaten Pesawaran. (*)

banner 325x300
  • Bagikan