Insinyur Profesional Menyongsong Kebangkitan Ekonomi Pasca Pandemi

  • Bagikan

BANDARLAMPUNG, Lampungkham Insinyur Profesional Menyongsong Kebangkitan Ekonomi Pasca Pandemi menjadi tema Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP) 2021 yang diselenggarakan secara online melalui media platform zoom cloud meeting dan offline. Dilaksanakan oleh Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Fakultas Teknik Universitas, dihotel Sheraton, Sabtu, 18 September 2021.

Seminar dibuka Rektor Universitas Lampung, yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Heriyandi, S.H., M.S.

Prof. Heriyandi memberikan apresiasi terhadap program studi Program Profesi Insinyur yang memberikan wadah bagi para insinyur untuk mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi di bidang keinsinyuran.

“Saya juga memberikan menagapresiai pada program studi Program Profesi Insinyur karena telah menghasilkan berbagai produk penelitian dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipublikasikan melalui prosiding dan jurnal,” katanya.

Prof. Heriyandi menjelaskan kegiatan perdana SNIP yang dilaksanakan tahun 2021 ini merupakan inisiasi agenda rutin tahunan yang diadakan Program Studi Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik Universitas Lampung sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap hadirnya pengembangan ilmu keinsinyuran yang berkelanjutan.

“Keinsinyuran adalah kegiatan teknik dengan menggunakan kepakaran dan keahlian berdasarkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya guna secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Dikatakannya, ada banyak jenis penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki oleh para insinyur, namun masih sedikit yang dipublikasikan. SNIP ini adalah salah satu upaya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi di bidang keinsinyuran serta menghasilkan berbagai produk penelitian yang dipublikasikan melalui prosiding dan jurnal.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Drs. Ir. Suharno, M.S., M.Sc, Ph.D., IPU., ASEAN Eng menyatakan bahwa Acara SNIP 2021 ini diikuti lebih dari 80 pemakalah insinyur dari berbagai daerah di Indonesia.
BACA JUGA: Hujan Lebat, Tujuh Desa di Pesawaran Diterjang Banjir

BACA JUGA :   Dinkes Lampung sudah melakukan Tracking kepada orang yang memiliki Kontak dengan Pasien

“Seperti Sumatera dan Jawa, dalam bidang keilmuan: Teknik Sipil dan Lingkungan; Teknik Arsitektur dan Perencanaan; Teknik Elektro dan Informatika; Teknik Mesin dan Industri; Teknik Geologi/Teknik Perminyakan/Teknik Pertambangan; Teknik Geodesi dan Teknik Geofisika; Teknik Kimia; Pertanian; Peternakan;. Perikanan; Kehutanan; dan bidang keteknikan lainnya,” paparnya.

Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Wilayah Lampung, Ir. Taufik Hidayat, M.M., M.E.P., menyampaikan rasa bangga kepada para peserta yang juga merupakan insinyur yang telah berkontribusi tidak hanya dalam pengembangan infrastruktur namun juga dalam dunia pendidikan dan penelitian teknologi tepat guna

Acara yang dilaksanakan selama satu hari ini menghadirkan narasumber yang kompeten dan berpengalaman di bidang keinsinyuran, yaitu Gubernur Provinsi Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi, IPU, Ketua Tim Ahli Keinsinyuran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc., IPU.,ASEAN Eng, serta Wakil Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia Pusat, Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga, M.Eng.Sc., IPU.

Ketua Pelaksana, Dr. Eng. Ir. Aleksander Purba, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng., berharap para narasumber yang berkompeten ini memberikan masukan bagi 500 lebih peserta seminar yang terdiri dari kalangan dosen, mahasiswa PSPPI dan praktisi.

“Kami juga berharap para naraumber dapat menggugah para peneliti agar terus meningkatkan kompetensi dalam melakukan riset sebagai basis kebijakan yang mendukung kebangkitan ekonomi pasca pandemi,” imbuhnya.

Ketua Program Studi Pofesi Insinyur Universitas Lampung, Ibu Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng, mengharapkan bahwa Seminar Nasional Insinyur Profesional dapat membuka cakrawala dan wawasan para insinyur Indonesia dalam mengembangkan keilmuannya serta menunjukkan kepada masyarakat Indonesia kontribusi yang dilakukan oleh insinyur profesional Indonesia demi masa depan bangsa.

BACA JUGA :   Kejaksaan Negeri Bandar Lampung Siap Bantu BPJS Kesehatan Tegakan Kepatuhan Badan Usaha

Sementara, Koordinator Acara SNIP2021: Ir. Meizano Ardhi Muhammad, S.T., M.T. menegaskan kegiatan sesi paralel untuk pemaparan dari para insinyur yang hadir dilakukan secara hybrid.

“Dimana terdapat kelas paralel tatap muka di Hotel Sheraton Lampung dan online video conference, dan para pemakalah memaparkan hasil penelitian mereka.”

“Pelaksanaan acara mengikuti protokol kesehatan covid-19 dan sesuai dengan aturan yang ditetapkan,” tutup Meizano.**

banner 325x300
  • Bagikan