Gelar Musrenbangkel Tahun 2020, Kelurahan Ketapang Prioritaskan Pembangunan Jalan Ki Agus Anang Hingga SDM

  • Bagikan

BANDARLAMPUNG, Lampungkham
Sejumlah perencanaan pembangunan tengah digodok oleh Pemerintah Kelurahan Ketapang, Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung bersama warga setempat.

Melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel) anggaran tahun 2020, bertempat di Aula Kantor Kelurahan, Lurah Ketapang, Jum’at, 31 Januari 2020.

Para pamong dan warga, tampak solid dan antusias membahas berbagai perencanaan pembangunan guna memajukan Kelurahan dan kesejahteraan warga.

Sejumlah persoalan yang ada di kelurahan setempat dibahas, terutama terkait ketersediaan infrastruktur. Misalnya, perencanaan pembangunan jalan di masing- masing RT yang ada di kelurahan tersebut.

Dikatakan Dodi Irwanto selaku Lurah Ketapang, bahwa Visi dan Misi Musrenbang adalah pengembangan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, dan pemerataan pembangunan di masing-masing RT.

Selain pembangunan fisik, lanjut Dodi, pihaknya juga mencoba membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kelurahan Ketapang, baik warga maupun aparat setempatnya.

“Pembangunan SDM perlu dilakukan untuk menunjang pembangunan, apabila manusianya tidak diperbaiki, maka pembangunan pun tidak akan berjalan maksimal,” papar Dodi.

Masyarakat diminta sambungnya, bekerjasama untuk melaksanakan pembangunan, dan apa yang telah menjadi program Pemerintah Kota Bandar Lampung harus dilaksanakan secara bersama-sama, dan saling bersinergi,” tandasnya.

Sementara, Ketua Tim Kordinasi Pembangunan Kecamatan ( TKPK ) Kecamatan Edi Herman mengatakan, Musrenbang adalah awal dari penentuan apa yang mau dibangun.

“Melalui Musrenbangkel kita bisa sama – sama urun rembug, curah pendapat apa yang mau dibangun, makanya perlu ada skala prioritas. Arahan kita adalah pilih prioritas pembangunan apa yang memberikan manfaat untuk masyarakat, sehingga apa yang diprogramkan memenuhi azas manfaat, azas pemerataan, ” ujarnya.

Tujuannya, supaya perencanaan pembangunan sesuai dengan keinginan masyarakat. Sehingga apa yang direncanakan dan dilaksanakan memberikan manfaat bagi warga Kelurahan Ketapang,” paparnya lagi.

BACA JUGA :   TNI Sambut Baik Keberadaan Himpunan Pewarta Indonesia di Lampung

Dijelaskannya, adapun usulan dalam Musrenbangkel diantaranya, pembangunan jalan Ki Agus Anang dan ini yang diprioritaskan oleh warga ,sumur bor, drainase, sarana dan prasarana posyandu, PAUD SPS,

“Harapan saya, apa yang menjadi usulan masyarakat dapat dianggarkan oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung, dan dapat terlaksana sesuai harapan masyarakat, khususnya warga Kelurahan Ketapang” pungkasnya.

Senada, Syaipudin salah seorang kepala lingkungan (kaling) juga berharap, dengan adanya Musrenbangkel apa yang menjadi usulan warga di tingkat RT dapat terealisasi.

“Harapan dan keinginan warga sih semua usulan terealisasi, agar Kelurahan Ketapang tambah maju, pembangunan merata, dan hasil pembangunan pun dapat dirasakan warga,” ucap Syaipudin.

Warga pun berharap bantuan pemerintah untuk setiap kelurahan di tahun 2020 ini dapat meningkat sehingga pembangunan dapat dilaksanakan secara merata, serta sesuai dengan nilai yang diajukan dari setiap RT.

Tampak hadir, pada kegiatan ini, Kasi Pemerintahan Kecamatan Panjang Armen DJ, perwakilan Bappeda Kota Bandar Lampung Haidir, Ketua TKPK Kecamatan Panjang Edi Herman, Ketua TPPK Kelurahan Ketapang, LPM Kelurahan Ketapang, serta ketua RT dan kepala lingkungan se-Kelurahan Ketapang. (*)

banner 325x300
  • Bagikan