Gawat, Virus Covid 19 Varian Omicron Terdeteksi Masuk Indonesia

  • Bagikan

JAKARTA, Lampungkham Covid-19 Varian Omicron yang pertama kali muncul di Afrika Selatan, kini sudah masuk ke Indonesia.

Hal itu setelah terdeteksi ada lima orang sebagai probable atau suspek Omicron di Indonesia.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menerangkan pihaknya mendeteksi lima orang sebagai probable atau suspek Omicron di Indonesia.

Hal itu diungkap usai seorang pekerja di Wisma Atlet terpapar virus Omicron.

“Di luar pasien itu (yang positif Omicron), Kementerian Kesehatan juga mendeteksi lima orang sebagai probable Omicron,” ungkap Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan persnya, dilansir dari media Republika.co.id, Kamis 16 Desember 2021.

Menurut Menkes, lima orang yang menjadi suspek Omicron itu terdiri dari dua orang warga negara Indonesia (WNI) yang baru tiba dari Amerika Serikat.

Saat ini, Keduanya tengah menjalani isolasi di Wisma Atlet.

“Kemudian tiga kasus lainnya ini warga negara asing (WNA) asal China di Manado, sekarang mereka sudah diisolasi,” terangnya.

Budi menerangkan, kelima orang tersebut masih berstatus sebagai probable karena baru di tes PCR menggunakan marker khusus. Hasil tes tersebut juga sedang dikirim ke balitbangkes.

“Diharapkan, dalam tiga hari kedepan hasilnya sudah keluar. Sementara ini update terakhir dari kasus Omicron, masyarakat wajib terinformasi karena ini merupakan kewajiban dari Kementerian Kesehatan,” ungkap Budi.

Diberitakan sebelumnya, Budi mengumumkan terdapat satu orang pekerja pembersih di Wisma Atlet, Pademangan, Jakarta Utara berinisial N sebagai pasien pertama yang terpapar virus Omicron.

“Saya ingin menginformasikan perkembangan terbaru. Kemenkes tadi malam mendeteksi pasien inisial N terkonfirm Omicron pada 15 Desember 2021,” ucapnya.

“Data-data sudah kami konfirmasi, dan ini sudah data sequencing omicron,” sambung Budi.**

banner 325x300
  • Bagikan