Bumdes Pekon Bandar Baru Terus Berkembang

  • Bagikan

SUKAU, Lampungkham Badan usaha milik desa (Bumdes) pekon bandar baru kecamatan sukau kabupaten Lampung Barat terbentuk tahun 2016 yang bernama Bumdes Mitra Tani.

Menurut nadirsyah peratin bandar baru bumdes mitra tani di kelola oleh masyarakat setempat. Struktur kepengurusan bumdes Ketua Rian, Sekretaris Makmun, Bendahara Resti. Bumdes pekon bandar baru bergerak di bidang usaha Pengelolaan air bersih, PLTA

Pekon bandar baru tidak menganggarkan dana berupa uang ke bumdes tetapi aparatur pekon yang menyiapkan usaha yang kemudian di serahkan ke pengurusan bumdes untuk di kelola. Di tahun 2019 pekon bandar baru telah membangun PLTA dan juga air bersih yang ada di 2 pemangku suka makmur dan pemangku sukajadi.

Di tahun 2020 pekin bandar baru telah membangun sarana prasarana olahraga dan pengadaan 30 ekor kambing yang akan di serahkan kepada pengurus bumdes untuk di kelola dan di kembangkan.

Kedepannya bumdes mitra tani berencana akan mengembangkan usaha bumdes di bidang Pembuatan wisata air jeram di kali warkuk, Wisata taman bunga di gunung pasir, Pembuatan tower wifi, Gas elpiji

Pekon bandar baru akan menganggarkan daba di tahun 2021 untuk bumdes mitra tani kurang lebih sebesar Rp. 200.000.000 .
Dana tersebut akan di kembangkan kembali ke bumdes yang telah di rencanakan tahun ini.

Harapan kami selaku aparatur pekon agar masyarakat bandar baru khusus nya bisa mendukung usaha bumdes agar bumdes ini bisa berjalan dengan baik dan sukses, tutup Nadirsyah (tto)

banner 325x300
  • Bagikan