Bumdes Dipekon Padang Dalom Kec. Balik Bukit

  • Bagikan

BALIK BUKIT, Lampungkham Badan Usaha Milik Desa Pekon Padang Dalom terus bergerak memajukan Pekonya dengan mendirikan Simpan Pinjam,penjualan tabung gas LPG 12 kg, sewa Tenda dan Kopi Bubuk.
dengan memanfaatkan Dana Bumdes digelontorkan oleh pemerintah mulai dari Tahun 2017 sebesar 50 juta, 2018 sebesar 50 juta , sehingga total 100 juta.

Dana sebesar 100 juta dikelola oleh Bumdes dibelikan Tenda 3 Unit sebesar 21 juta, dengan masing masing Unit Rp.7 juta, modal SimpanbPinjam sebesar 17 juta, serta tabung gas LPG 500 buah sebesar 62 juta, dan sisanya dimodalkan Untuk Penjualan Kopi Bubuk.

Peratin Padang Dalom Endra Gunawan mengatakan, untuk simpan pinjam sementara distop dulu, Karena dana tidak mencukupi masih dalam pengumpulan penarikan dana Pinjaman.

” Bumdes yang ada dipekonnya masih terkendala pemasukan yang tidak sesuai, dikarnakan pendapatan gaji petugas Bumdes diambil dari keuntungan hasil usaha Bumdes. Sedangkan Modal dan pemutarannya masih sangat terbatas, Jadi Untuk pengembangan Usaha Bumdes masih sangat tertatih-tatih ” ujarnya.

Endra Gunawan mengharapkan adanya Gaji petugas Bumdes ini diambil dari anggaran yang lain sehingga dana yang diputar untuk usaha membesarkan bumdes tidak terganggu.

” Pemda Lam-bar, untuk dapat memberikan dukungan Sosialisasi, pengarahan secara administrasi dan hukum agar Ketua dan Pengurus Bumdes dapat benar-benar berkerja secara profesional dan mandiri dan dapat membesarkan usaha Bumdes tersebut ” harapnya.

Ketua Bumdes Sutarjo menjelaskan, tabung gas LPG 12 kg ada sekitar 500 tabung di titipkan di warung-warung yang ada dipekon.

” Dari hasil isi ulang tabung gas LPG 12 kg pihak Bumdes mengambil keuntungn sebesar 2000 per- Tabung. selain itu ada Pemasukan juga dari Hasil Penjualan Kopi Bubuk secara Online Mendapatkan Keuntungan 5000 per- 1 kg Kopi Bubuk, sedangkan tenda Pembayaranya Secara sukarela.

BACA JUGA :   Home Unlabelled Anggota DPRD Lampung, Sahlan Langsungkan Sosper AKB Anggota DPRD Lampung, Sahlan Langsungkan Sosper AKB

Dari jumlah nominal Aset Bumdes saat ini Lebih Kurang Rp.140 juta. semua itu tercatat dalam Adniministrasi Laporan Bumdes Per-tahun. (tto)

banner 325x300
  • Bagikan