BPJS Kesehatan Dirikan Rumah Edukasi Kader JKN di Natar Lampung Selatan

  • Bagikan

LAMPUNG, SELATAN, LK – Kader JKN merupakan wujud partisipasi masyarakat untuk turut membantu mensukseskan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dalam wujud pemberian sosialisasi, edukasi, pendaftaran peserta maupun pengingat dan pengumpul iuran. Mereka adalah perpanjangan tangan BPJS Kesehatan dalam implementasi program JKN-KIS.

Profesi Kader JKN merupakan profesi yang mulia karena membantu program Pemerintah yaitu program JKN-KIS dengan mengedepankan edukasi dan sosialisasi terhadap masyarakat mengenai Program JKN-KIS, termasuk mengingatkan dan mengumpulkan iuran dari peserta.

Dalam rangka optimalisasi peran kader JKN, BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung membuat Rumah Edukasi Kader JKN di Natar Lampung Selatan. Rumah Edukasi Kader JKN ini menjadi sarana wadah informasi dan layanan seperti di kantor BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung Agus Wibowo saat mengunjungi Rumah Edukasi Kader JKN menyampaikan bahwa kader JKN merupakan elemen penting dalam pelaksanaan program JKN-KIS yang harus didukung dan diberikan inovasi agar semakin baik dalam mengkolek iuran dan mengedukasi peserta JKN-KIS yang menunggak.

“Tujuan didirikannya Rumah Edukasi Kader JKN ini yaitu agar kader JKN bisa lebih dikenal oleh masyarakat, sehingga peserta JKN-KIS bisa mendapatkan informasi seputar program JKN-KIS cukup dengan mengunjungi rumah edukasi kader JKN ini.

Tidak cuma itu, masyarakat yang ingin mengecek tunggakan iuran dan ingin membayar iuran dapat dilayani di rumah edukasi kader ini.” tutur Agus Wibowo, Jumat 01 April 2022.

Agus berharap dengan telah didirikannya rumah edukasi kader JKN ini akan meningkatkan kepatuhan peserta dalam membayar iuran JKN-KIS tepat waktu, dan juga membuat masyarakat sadar akan pentingnya menjadi peserta program JKN-KIS, sehingga semua masyarakat di Natar Lampung Selatan ini dapat segera terlindungi kesehatannya dengan menjadi peserta JKN-KIS.

BACA JUGA :   Bumdes Bintang Muda Pekon Lumbok Timur Berjalan Dengan Baik Dalam Meraih Laba

Laili Triana kader JKN-KIS wilayah Natar Lampung Selatan yang rumahnya dijadikan rumah edukasi kader JKN-KIS mengaku sangat senang diberikan dukungan dan inovasi oleh BPJS Kesehatan seperti ini.

“Alhamdulillah saya dipercaya dan didukung oleh BPJS Kesehatan untuk mendirikan rumah edukasi kader ini. Dengan adanya rumah edukasi kader ini masyarakat jadi lebih mengenal saya, bukan hanya tetangga saja yang tau kalau saya adalah kader JKN.

Setiap masyarakat yang lewat depan rumah saya jadi tau kalau dilingkungannya ada kader JKN dan rumah edukasi kader JKN.

Tentunya masyarkat dapat dengan mudah menjangkau rumah edukasi ini untuk mendapatkan informasi tentang JKN-KIS dan juga untuk membayar iuran karena dekat dengan lingkungan masyarakat.” ucap Laili Triana.

Laili berharap dirinya dan Rumah Edukasi Kader JKN tersebut dapat membantu masyarakat terkait program JKN-KIS, dan juga membantu BPJS Kesehatan dalam menjaga sustainibilitas program JKN-KIS.*

banner 325x300
  • Bagikan